KUPP Kelas II Tanjung Redeb Sinergi Dengan Instansi Terkait Dan Stakeholder Melaksanakan Kegiatan Vaksinasi

Mimbarmaritim.com – Tanjung Redeb

Kementerian Perhubungan Cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Tanjung Redeb, bersama instansi terkait dan  stakeholder lainnya DPC ALFI/ILFA, DPW APBMI di Tanjung Redeb, Koperasi TKBM Pelabuhan, masyarakat Maritim Pelabuhan Tanjung Redeb melaksanakan kegiatan vaksinasi di wilayah Kabupaten Berau, hari ini Kamis (22/7/2021).

Turut Hadir dalam kegitan vaksinasi di Kabupaten Berau diantaranya Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Tanjung Redeb Hotman Siagian bersama instansi terkait Bupati Berau Sri Juniarsih, Wakil Bupati Berau Gamalis, Komandan Lantamal XIII Tarakan Laksamana Pertama TNI Edi Krisna Murti, Komandan Kodim Berau Letkol Fardin Wardana, Wakapolres  Berau Kompol Rahmad Hanil, S.H., S.I.K, Komandan Pos TNI AL Berau Lantamal XIII Mayor Laut (P) Widi Widodo, Komandan Sub Denpom VI/1-3 Berau Lettu Iman Mustufa, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tarakan A.Hidayat, Kepala Dinas Kabupaten Berau Kesehatan Iswahyudi Kepala KPPP AIPTU Suyono, Kepala Wilker KKP Tanjung Redeb Muhammad Husain,S.K.M,M.Kes

Pelaksanaan kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat Maritim, untuk memberikan perlindungan agar tidak jatuh sakit akibat terpapar Covid-19. Melalui kegiatan vaksin tersebut dapat menstimulasi kekebalan tubuh masyarakat secara spesifik dan vaksinasi  mencegah menyebarkan virus Covid -19 terhadap orang lain. 

Kegiatan vaksinasi tersebut dilaksanakan dalam rangka mendukung program pemerintah, untuk penanggulangan dan memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 dan melindungi masyarakat di seluruh Indonesia, 

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Berau ini diselenggarakan di Pos TNI AL Berau – Lantamal XIII, di Sambaliung – Berau, pada tahap pertama pada hari ini, Kamis (22/7/ 2021) pukul 07.30 WITA sampai dengan 14.00 WITA. 

Adapun jumlah peserta vaksinasi yang diajukan Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Tanjung Redeb kepada Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Tarakan melalui Wilayah Kerja (Wilker) Tanjung Redeb berjumlah 663 orang, namun karena keterbatasan vaksin. Sehingga yang dapat memperoleh vaksin hanya sebanyak 250 orang, pelaksanaan vaksin tersebut akan dilakukan secara bertahap. 

Para peserta vaksinasi yang hadir diantaranya pegawai Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Tanjung Redeb, masyarakat Maritim pelabuhan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau yakni PT Mitra Samudra Kreasi, PT Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Redeb dan para agen Pelayaran,  

Selain itu, para karyawan – karyawati perusahaan bongkar muat, karyawan – karyawati DPC ALFI/ ILFA, DPC APBMI Tanjung Redeb, Pengurus dan anggota TKBM Pelabuhan Tanjung Redeb dan anggota TKBM Tanjung Batu.

Pada kesempatan itu Bupati Berau Sri Juniarsih menyampaikan apreasi atas terselenggaranya vaksinisasi hari ini, atas kerjasama dan sinergitas Kantor Kesehatan Pelabuhan Tarakan, Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Tanjung Redeb dan TNI AL sehingga masyarakat Berau dapat memperoleh vaksin jumlahnya 12 %.          

Sementara Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Tarakan A.Hidayat menghimbau agar masyarakat tetap menjaga kesehatan, mengikuti program vaksin dari Pemerintah secara bertahap.

“Kegiatan Vaksinasi ini dapat kami laksanakan atas permintaan dari Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Tanjung Redeb sebagai mitra kerja. Yang dalam pelaksanaannya dilakukan kerjasama dan bersinergi dengan TNI – Polri,”katanya.      

Komandan Lantamal XIII Tarakan Laksama Pertama TNI Edi Krisna Murti dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa kegiatan vaksinasi yang ada saat ini pelaksananya adalah Kantor Kesehatan Pelabuhan Tarakan, karena wilayah kerjanya KKP ini hingga ke Berau.

“Dalam pelaksanaan kerjasama dan sinergitas ini membantu program pemerintah dalam penanggulangan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan menggunakan vaksin SINOVAC,” ujar Komandan Lantamal XIII Tarakan.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Tanjung Redeb Hotman Siagian menyampaikan apreasiasi dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Bupati Berau, Komandan Lantamal XIII Tarakan, Kepala Kesehatan Pelabuhan Tarakan, Komandan Pos TNI AL Berau dan seluruh stakeholder atas kerjasama dan sinergitas dalam pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat Maritim di pelabuhan Tanjung Redeb – Berau. 

Hotman Siagian mengingatkan masyarakat meski sudah di vaksin Covid-19, masyarakat  tetap akan menjalankan dan mentaati aturan protokol kesehatan yang ketat. Dan selalu melaksanakan 5 M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas. Untuk mencegah penyebaran dan penularan virus Covid-19.

Ia juga mengharapkan agar masyarakat mendukung tenaga kesehatan dalam melakukan upaya 3 T yakni Tracing, Testing dan Treatment untuk meminimalisir penyebaran Covid 19.  

“Mari kita satukan kekuatan untuk menghindari dan memberantas Covid 19, sembari Memohon Kepada Tuhan Yang Maha Esa, supaya virus Covid -19 dapat segera teratasi dan sukseskan vaksinasi Covid -19 di seluruh Indonesia. Untuk melindungi diri sendiri dan memulihkan negeri ini dari pandemi virus Covid-19 dengan menanamkan satu tekad ” KESEHATAN PULIH, EKONOMI BANGKIT,” pungkas Hotman Siagian.(MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s