MARITIM

TNI AL Libatkan Peran Pakar, Lembaga Penelitian Dan Universitas Dalam FGD Ekspedisi Jala Citra I – 2021 ” AURORA”

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Sebagai rangkaian dari rencana gelar Ekspedisi Jala Citra I “AURORA” TNI AL, yang direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Agustus hingga Oktober 2021, dengan menggunakan KRI Spica-934 yang merupakan unsur dari Pushidrosal sebagai wahana penelitian utama.

Penyelenggaraan Ekspedisi Aurora masih merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan peringatan 100 tahun hari Hidrografi Dunia. Peringatan satu abad hidrografi dunia pada tahun ini, merupakan momentum emas yang menegaskan eksistensi dan perjalanan panjang serta transformasi peran hidrografi. Saat ini tidak hanya turut menjamin keselamatan navigasi pelayaran, akan tetapi memberikan kontribusi bagi kepentingan strategis lainnya. 

Untuk lebih menajamkan dan melengkapi pandangan ilmiah terkait rencana kegiatan ekspedisi tersebut, Pushidrosal menyelenggarakan Forum Group Discussion (FGD) secara daring di Jakarta, Rabu (14/7/2021).

FGD ini diikuti para pakar kelautan, akademisi dan stake holder terkait, dengan mengusung tema ”Mengungkap Sumberdaya Kelautan di Wilayah Perairan Halmahera, Dalam rangka Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia.” 

Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P. dalam sambutannya pada acara pembukaan menyampaikan arahan Kepala Staf TNI AL agar Ekspedisi ini diharapkan dapat menjadi momentum kebangkitan kembali ekspedisi kelautan. Hal ini dilaksanakan untuk dapat mengeksploitasi khasanah pengetahuan dan melengkapi inventarisasi potensi sumber daya kelautan serta karakteristik lingkungan laut perairan nasional. Sehingga dapat mewujudkan Indonesia sebagai Negara Maritim yang diakui dunia.

Danpushidrosal mengatakan, Ekspedisi Jala Citra I “Aurora” ini akan mengungkap lebih dalam misteri yang ada di laut Halmahera dan perairan Papua. Dalam rangka turut mewujudkan Indonesia sebagai poros Maritim dunia. 

Dalam kegiatan ekspedisi ini,Pushidrosal juga mengundang partisipasi aktif dari para peneliti dari Kementerian, Lembaga terkait dan perguruan tinggi khususnya yang terkait dengan bidang hidrografi, geodesi, geologi, oseanografi, meteorologi, kelautan dan perikanan    

Dalam Penyelenggaraan FGD ini menghadirkan para nara sumber dan pakar di bidang Kemaritiman diantaranya : Dr.Ir.Syafrie Burhanuddin dari Kemenkomarvest, Ir.Mohamad Arief Syafi’i, M.Eng.Sc dari BIG, Ir.Mustafa Hanafi,M.Sc dari P3GL, Prof.Dr.Henry.M.Manik, S.Pi, M.T. dari IPB, dan acara ini dipandu oleh Kolonel Laut (E) Dr.Yanuar Handwionk, M.Sc, sebagai Moderator acara.

Dalam FGD ini, Komandan Pushidrosal  menginformasikan tentang pembangunan Web-Portal Pushidrosal yaitu Indonesia Hydrographic Data Centre (IHDC) yang merupakan platform Pusat Informasi Hidrografi Spesial dikembangkan Pushidrosal untuk lebih memberikan kemudahan bagi penyelenggaraan fungsi pemetaan dan publikasi nautika. Untuk kepentingan navigasi dan pelayaran, serta layanan akses data hidrospasial wilayah Indonesia bagi masyarakat maritim. Yang akurat dan mutakhir dengan berbagai aplikasi mendukung pembangunan nasional.  

Akhir kegiatan FGD, diperoleh kesimpulan yakni Pertama, Indonesia sebagai negara kepulauan dengan luas wilayah 5,8 juta km2, memiliki wilayah perairan dengan mega biodiversitas yang belum tereksploitasi secara optimal. Sehingga masih diperlukan adanya kajian yang mendalam tentang berbagai potensi dan fenomena kelautan yang terkandung didalamnya. 

Kedua, Penyelenggaraan penelitian seperti ekspedisi Aurora ini, diharapkan juga dapat meneliti fenomena aliran pergeseran arus dari Samudra Pasifik ke Laut Banda sampai ke Samudra Hindia, dan koeksitasnya dengan sistem cuaca dan kandungan mineral bawaan. 

Ketiga, Disepakati bahwa pengetahuan tentang bentukan fitur batimetri, karakteristik biokimia kelautan dan kondisi oseanografi fisik, juga memberikan manfaat tidak hanya untuk kepentingan ekplorasi dan ekploitasi sumberdaya mineral dan hayati saja, akan tetapi juga untuk kepentingan pertahanan di laut.(Red-MM).

Kategori:MARITIM, PELAYARAN, TNI AL, AD, AU

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s