MARITIM

POM Kolinlamil Gelar Operasi Gaktib Cegah Prajurit Melanggar Aturan

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Satya Wira Jala Dharma. Operasi penegakan ketertiban (Gaktib) untuk prajurit dan PNS Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) yang dilakukan oleh Polisi Militer Kolinlamil berlangsung secara mendadak di depan gerbang pintu masuk Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (9/7/2021).

Kali ini, para petugas Polisi Militer Kolinlamil menyasar para pengendara kendaraan bermotor roda dua. Banyaknya kendaraan bermotor roda dua yang disinyalir melanggar pembayaran pajak dan tidak sesuai dengan standar. Untuk itu Polisi Militer (POM) Kolinlamil akan menggunakan barcode setiap kendaraan, dalam melakukan pengecekan terhadap kendaraan bermotor para prajurit.

Operasi gaktib ini dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi terjadinya pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh prajurit dan PNS Kolinlamil.

Objek operasi mulai dari kelengkapan administrasi kendaraan berupa SIM dan STNK, kelengkapan kendaraan, Kartu Identitas Prajurit, dan juga kelengkapan lainnya sesuai peraturan yang telah ditetapkan oleh TNI/TNI AL.

Pelaksanaan Operasi Gaktib POM Kolinlamil dipimpin langsung oleh Komandan Polisi Militer Letkol Laut (PM) Wachid Komarudin bersama dengan POM Kolinlamil, Satuan Provoos Denma dan Provoos Satlinlamil 1 Jakarta.

Komandan Polisi Militer Kolinlamil mengatakan Operasi Gaktib dilaksanakan menindaklanjuti instruksi Panglima Kolinlamil agar para prajurit Kolinlamil dituntut untuk terus meningkatkan profesionalitasnya. Salah satu ciri dari profesionalitas tersebut adalah disiplin yang tinggi dan upaya TNI/TNI AL. Dimana dalam memelihara kedisiplinan yang tinggi ini melalui gelar operasi penegakan ketertiban kepada prajurit Kolinlamil.

“Melalui operasi yang digelar ini, sasarannya adalah tercapainya budaya disiplin dan ketaatan pada aturan di lingkungan TNI AL khususnya Kolinlamil yang terus meningkat serta mencegah prajurit melanggar aturan dan disiplin,” tegasnya.

Sementara itu Panglima Kolinlamil Laksda TNI Arsyad Abdullah menghimbau prajurit jajaran Kolinlamil untuk menjadi contoh bagi masyarakat dalam berlalulintas dan berkendaraan. Tentu dengan melengkapi surat-surat kendaraan dan mengikuti aturan berlalulintas.

“Dalam kehidupan sosial kemasyarakatan Prajurit dan PNS Kolinlamil diharapkan dapat menjadi role model atau contoh bagi masyarakat umum terutama dalam tertib berlalulintas,” pesan Panglima Kolinlamil.

Panglima Kolinlamil juga mengharapkan kepada Komandan Satuan dan Kasatker untuk memberikan pengarahan kepada bawahan, agar memberikan sosialisasi dan pencerahan. Sehingga para prajurit selalu mengikuti aturan yang ada dan disiplin serta dapat mengurangi pelanggaran sekecil apapun. (Red-MM).

Kategori:MARITIM, TNI AL, AD, AU

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s