MARITIM

KSOP Kelas l Panjang Evaluasi TKBM, Gelar FGD Secara Virtual

Mimbarmaritim.com – Panjang

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Panjang menggelar Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) secara virtual terkait Evaluasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM), dengan tema “TKBM Yang Profesional, Berkinerja Tinggi, Menuju Hidup Sejahtera”. Rabu, (30/6/2021) kemarin, di Hotel Novotel Bandar Lampung.

Acara FGD ini dilaksanakan dengan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) yang sangat ketat, para Peserta diwajibkan memakai masker. Dengan kehadirannya dibatasi hingga 50 persen dari kapasitas ruangan, selebihnya mengikuti melalui virtual Meeting.

Focus Group Discussion (FGD) digelar secara virtual meeting menghadirkan, Deputi Bidang Infrastruktur Dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI diwakili Kabid Antar Moda Kemenko Maritim dan Investasi Balkis Kusumawati, Kepala Biro Hukum Kementerian Koperasi dan UKM RI Hendra Saragih, S.H., M.H, Direktur Jenderal Pembinaan, Pengawasan Ketenagakerjaan dan K3 Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Disamping itu yang hadir secara langsung di lokasi acara antara lain Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut diwakili Capt. Bharto Ari Raharjo, M.Si, Plt.Kasubdit Angkutan Laut Khusus dan Usaha Jasa Terkait Ditlala. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandar Lampung diwakili Filma Mega, S.E, M.E, Plt Kabid Pemberdayaan Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandar Lampung

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandar Lampung, Wan Abdurahman, S.H, M.H. General Manager PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang Adi Sugiri, Ketua Koperasi TKBM pelabuhan Panjang Agus Sujatma dan para jajaran pejabat struktural dilingkungan KSOP Kelas I Panjang.

Kegiatan Focus Group Discusison ini secara resmi dibuka langsung oleh Plt. KSOP Kelas I Panjang Capt.Hendri Ginting .M.M, sekaligus dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelabuhan merupakan tempat kegiatan pemerintahan dan pengusahaan serta sebagai tempat perpindahan intra dan antar moda transportasi dengan keberagaman aktivitas oleh berbagai instansi, baik pemerintahan maupun pengusahaan. Sehingga terjadi interaksi berbagai sumber daya manusia dengan berbagai kepentingan, fungsi dan peran yang sangat kompleks.

Hendri mengatakan Tenaga Kerja Bongkar Muat merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Sumber Daya Manusia di Pelabuhan, yang secara umum memiliki fungsi dan peran lebih specific dibidang bongkar muat barang, maka disebut dengan istilah Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM).

“KSOP Kelas I Panjang selaku regulator di pelabuhan sekaligus selaku Pembina Teknis TKBM tentunya memiliki peran dalam menjaga keharmonisan dan peningkatan kinerja Pelabuhan. Untuk itu melalui acara Focus Group Discussion ini akan terjalin komunikasi yang intensif dan fokus pada beberapa permasalahan yang muncul di lapangan,” ungkap Hendri.

Sementara, Kabid Lalulintas dan Angkutan Laut Hot Marojahan Hutapea selaku Ketua Panitia Penyelenggara Focus Group Discussion Evaluasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) mengatakan, maksud kegiatan ini untuk meningkatkan kinerja tenaga bongkar muat yang ada di Pelabuhan Panjang.

Kabag TU Hary Bowo Memberikan Sambutan Saat Penutupan Acara FGD

“Kegiatan FGD ini merupakan upaya kita dari pemerintah untuk meningkatkan kemampuan dari TKBM itu sendiri, baik dari segi kelembagaan, kesejahteraan serta produktifitas,” ujarnya.

Hot Marojahan menyebutkan, bahwa rangkaian kegiatan tersebut sudah berlangsung selama seminggu, namun dengan waktu yang berjarak.

“Kita akan buatkan berupa target pencapaian, akan kita ukur dalam waktu 3-12 bulan. Akan kita awasi betul hal-hal yang sudah disepakati bersama dalam FGD ini. Untuk dijadikan sasaran aksi dan nantinya kita dapatkan hasil yang tentu saja kita inginkan bersama,” tuturnya.

Ia menambahkan Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa merahmati semua yang di kerjakan dan memudahkan segala urusan ke depan. Dalam rangka mewujudkan pertumbuhan ekonomi melalui kelancaran logistik nasional di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hal senada diungkapkan Ketua Koperasi TKBM Pelabuhan Panjang melalui Wakil Ketua Koperasi Joly Sanggam yang sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas KSOP Kelas l Panjang ini.

“Semoga kedepan dari FGD ini dapat menghasilkan rumusan-rumusan secara umum terkait kegiatan bongkar muat Pelabuhan Panjang, khususnya bagi kesejahteraan TKBM,” ujar Joly.

Dari hasil FGD ini, telah disepakati beberapa rumusan dan kesimpulan dengan batasan waktu yang harus dilaksanakan bersama. Akhir dari rangkaian kegiatan FGD ini ditutup oleh Kepala Bagian Tata Usaha KSOP Kelas I Panjang.

Mengakhiri rangkain acara Kabag Tata Usaha Hary Bowo, dalam sambutannya saat penutupan acara menyampaikan bahwa seluruh insan yang terlibat agar berkomitmen untuk melaksanakan segala rumusan dan kesimpulan yang telah disepakati ini.

“Semoga harapan untuk menjadikan TKBM Pelabuhan Panjang yang profesional, berkinerja tinggi dan tentunya sejahtera dapat kita capai,”tukas Bowo.(MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s