Optimalisasi Pelabuhan Pulau Baai Butuh Sinergi Pelindo II Dengan Pemda Bengkulu

Mimbarmaritim.com – Bengkulu

Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu melalui Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu Rosjonsyah melakukan kunjungan ke pelabuhan Pulau Baai Bengkulu, Rabu (23/6/2021).

Kunjungan Wagub tersebut didampingi General Manager (GM) IPC/PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Bengkulu Titah Yudhana, dan Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Yudi Ardian. Kunjungan Wagub Bengkulu tersebut memantau kondisi perkembangan pelabuhan Pulau Baai dengan menggunakan kapal laut.

Dalam kunjungannya Wagub Rosjonsyah menyampaikan potensi pelabuhan laut Bengkulu saat ini dikelola PT Pelindo II Cabang Bengkulu, sangat luas dan bahkan melebihi luas pelabuhan lainnya. Jika dibandingkan dengan pelabuhan Tanjung Priok dan Banten, pelabuhan Pulau Baai lebih luas dan memiliki potensi cukup bagus.

Wagub mengatakan untuk pengembangan dan optimalisasi pelabuhan pulau Baai, hanya tinggal melengkapi fasilitas nya dan sinergi antar Pemerintah Daerah dengan pihak PT Pelindo II.

“Terutama jika ada hal-hal yang bisa menghambat aktifitas pelayanan bongkar muat barang di pelabuhan, hal itu harus segera dapat diatasi,” ujar Wagub.

Pemda kedepan akan membantu regulasi khusus, sehingga aktifitas pelabuhan sebagi pintu gerbang perekonomian Bengkulu melalui pelabuhan Pulau Baai dapat dimaksimalkan lagi.

Menurutnya, Bengkulu yang kaya potensi Sumber Daya Alam (SDA), perlu dioptimalkan lagi dengan membuat aturan khusus, sehingga kegiatan ekspor dari Bengkulu bisa terpusat dan berjalan sesuai dengan target yang diharapkan.

“Dari standar ekspor pelabuhan Pulau Baai, diketahui kapasitasnya mencapai 7 juta ton per tahun. Namun saat ini baru sekitar 3 juta ton saja realisasinya,”sebutnya.

Lebih lanjut, Wagub mengatakan saat ini komoditas minyak sawit/ Crude Palm Oil (CPO), target ekspor 1 juta ton pertahun, namun sekarang masih sekitar 40 persennya sehingga 60 persen lagi diperkirakan melakukan ekspor dari luar Pelabuhan Pulau Baai.

“Jika kedepan target ekspor dari Bengkulu tercapai, maka statusnya pelabuhan bukan tidak mungkin dapat ditingkatkan menjadi salah satu pelabuhan Internasional, tentunya seiring dengan dukungan keberadaan jalan tol,”jelasnya.

Wagub menambahkan operasional pelabuhan lancar dan berkembang, sehingga perekonomian daerah jelas bisa meningkat dan dapat menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bengkulu.

“Apalagi ketika perusahaan asing berdiri di Provinsi Bengkulu, juga akan menyerap lapangan kerja, sehingga bisa mengurangi angka pengangguran,” pungkasnya.

Sementara itu, General Manager PT Pelindo II Cabang Bengkulu Titah Yudhana mengungkapkan dalam rangka memaksimalkan dan mengoptimalkan pengelolaan pelabuhan Pulau Baai, tentu ada beberapa langkah yang dibutuhkan. Mengingat potensi sumber daya alam atau komoditi ekspor yang dimiliki Provinsi Bengkulu dari sisi perkebunan seperti Pinang, Karet, Kopi, Pala dan Aren cukup banyak.

“Potensi ini akan berdampak terhadap kegiatan ekspor, sepenuhnya akan melalui pelabuhan Pulau Baai dan pertumbuhan ekonomi Bengkulu akan berkembang,”ungkap Titah.

Titah mengatakan Pelindo II mengharapkan dukungan dari Pemda Bengkulu berupa kebijakan khusus, sembari sarana dan prasarana terus dilengkapi. Sehingga setiap barang yang di ekspor dari Bengkulu bisa melalui pelabuhan Pulau Baai.

Titah menambahkan, jika potensi komoditi yang dimiliki daerah itu cukup banyak keluar – masuk dari pelabuhan dan membutuhkan fasilitas, Pelindo II pasti akan menyiapkan.

“Tentunya kerjasama seperti ini tidak mesti dari pihak pelabuhan yang investasi, bisa juga dari pihak investor, dan tidak harus menunggu lama, asal serius dengan dukungan regulasi yang ada, kami akan memberikan fasilitas,” tukasnya.(MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s