PELABUHAN

Cegah Penyebaran Covid-19, KSOP Kepulauan Seribu Awasi Ketat Jumlah Penumpang Angkutan Laut Dari Dan Ke Kepulauan Seribu

Mimbarmaritim.com – Jakarta Utara

Kementerian Perhubungan Cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kepulauan Seribu, Johan Chritoffel , M.M  melalui keterangan tertulisnya diterima Mimbar Maritim hari ini, (17/5/2021) menyampaikan puncak arus balik penumpang (wisatawan) di presdiksi pada hari ini. Pemberangkatn kapal penumpang wisata dari kepulauan seribu wajib memperhatikan Peraturan Menteri.13 Tahun 2021 tentang pengendalian Transportasi Laut selama masa Idul Fitri 1442 H (2021 M), dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Menurut dia, bahwa jumlah pengunjung seluruh penumpang yang masih berada di Kepulauan Seribu pada hari Sabtu (15/5/2021) mencapai kurang lebih 4.000 orang, penumpang yang diangkut dari dermaga Pelabuhan Kali Adem, Marina Ancol, Sunda Kelapa, Tanjung Pasir, Rawa Saban dan Kronjo.

Ia menyebutkan saat melakukan pemantauan ke lapangan pada hari Minggu (16/5/2021) bahwa jumlah penumpang yang masih tersisa di kepulauan seribu masih cukup tinggi. Sehingga perlu ada pengawasan ekstra terhadap penumpang yang naik kapal. Tentunya, kami dengan sangat ketat menerapkan protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Sesuai aturan pemberlakuan 50% jumlah penumpang yang di ijinkan naik ke kapal dari total maksimal jumlah penumpang sesuai yang tertera di sertifikasi.

“Melihat kondisi di lapangan kami melakukan strategi peningkatan pengawasan dan pengamanan. KSOP Kepulauan Seribu telah melakukan optimalisasi penguatan personil di pulau – pulau di Kepulauan Seribu. Dengan melibatkan personil KSOP Kepulauan Seribu sebanyak 70 orang, yang tersebar di pulau -pulau, di kapal patroli dan di Command Center Kantor KSOP Kepulauan Seribu –¬† Kalijapat – Jakarta Utara,”terangnya.

Selain itu, kata Johan, KSOP Kepulauan Seribu juga melakukan koordinasi dengan operator-operator kapal guna menambah frekuensi pergerakan kapal dan secara konsisten serta terus melakukan himbauan agar penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 dan pemberlakuan 50% jumlah penumpang yang diijinkan naik ke kapal dari total maksimal jumlah penumpang sesuai yang tertera di sertifikasi.

Lebih lanjut, Johan mengatakan pihak juga terus melakukan monitoring terhadap kapal-kapal yang bertolak dari Kepulauan Seribu sampai ke tempat tujuan dan Kapal-kapal patroli rutin melakukan penertiban penumpang di atas kapal saat berlayar.

“Selain kapal patroli milik KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu : KNP.355, KN. S054, KN V017 dan satu unit RIB, dalam pengawasan dan pengamanan atau patroli di perairan, KSOP Kepulauan Seribu. Kami juga dibantu dari armada Kantor Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok yaitu kapal patroli KNP.356, Distrik Navigasi Tanjung Priok : kapal KNP. ENGGANO, dan satu unit RIB, dan Pangkalan PLP Tanjung Priok : kapal KNP.214 (Damaru) dan satu unit RIB,” jelasnya.

Johan menambahkan selama dan sesudah perayaan Hari Raya dul Fitri 1442 H KSOP Kepulauan Seribu tetap melakukan opimalisasi koordinasi dengan TNI, Polri, operator kapal dan  instansi terkait lainnya serta unsur masyarakat baik di pulau-pulau Kepulauan Seribu maupun pelabuhan-pelabuhan asal.

“Kami dengan ketat menerapkan protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran Covid-19 dan juga pemberlakuan 50% jumlah penumpang yang diijinkan naik ke kapal dari total maksimal jumlah penumpang sesuai yang tertera di sertifikasi,” pungkas Johan.(MM-01).

Kategori:PELABUHAN, PELAYARAN

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s