MARITIM

Peningkatan Kualitas SDM Pelayaran, STIP Jakarta Terima Kunjungan Dubes Panama

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Kementerian Perhubungan Cq Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan melalui Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, menerima kunjungan Duta Besar Republik Panama, Manuel Antonio Saturno Escala. Kunjungan informal ini merupakan salah satu usaha kedua pihak untuk mendorong kerja sama bilateral di bidang pengembangan SDM transportasi laut. Rombongan Duta Besar Panama disambut oleh Ketua STIP, Amiruddin beserta jajarannya dan didampingi para pejabat Ditjen Perhubungan Laut di Jakarta,Senin (12/4/2021).

Kepada Duta Besar Republik Panama, dalam sambutannya, Amiruddin mengungkapkan bahwa STIP Jakarta merupakan salah satu sekolah pelayaran tertua di Indonesia. Sampai dengan saat ini, STIP terus berinovasi dalam memberikan layanan pendidikan dan pelatihan bagi pelaut, sesuai dengan perkembangan zaman terutama pada era Industri 4.0 yang serba digital.

“STIP Jakarta mendidik dan melatih para taruna dengan fasilitas yang dibutuhkan untuk menghadapi hal tersebut (Industri 4.0), seperti Bridge Simulator, Simulator ruang mesin, bengkel, laboratorium bahasa, dan banyak lagi yang lainnya untuk membentuk taruna dan perwira kapal yang profesional. Selain itu STIP juga menyiapkan para taruna untuk berlatih di kapal latih M.H. Thamrin setiap semester sebelum mereka menjalani praktek berlayar di kapal niaga,”ungkapnya.

Seiring dengan penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi baru di bidang pelayaran tersebut, untuk mempersiapkan para Taruna, STIP Jakarta, tambah Amiruddin, juga terus menjalin kerja sama dengan berbagai stakeholder, Perusahaan Perkapalan, pemerintah, kedutaan besar, dan Universitas dalam dan Luar Negeri.

Amiruddin saat mengakhiri sambutannya berharap melalui kerja sama yang akan dilakukan dengan Kedutaan Besar Panama ini, STIP Jakarta dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pendidikan dan pelatihan pelaut, sehingga STIP Jakarta dapat mendukung menciptakan SDM pelayaran sesuai dengan kebutuhan industri pelayaran internasional.

Kunjungan ke kampus STIP Jakarta ini merupakan tindak lanjut kunjungan kehormatan Duta Besar Republik Panama, Manuel Antonio Saturno Escala kepada Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan pada 24 November 2020 lalu. Kunjungan ini merupakan observasi dan verifikasi awal atas fasilitas terkait standar kompetensi, sertifikasi dan hal-hal lain terkait pelatihan pelaut serta Pendidikan khusus pelayaran pada sekolah-sekolah di bawah Kementerian Perhubungan.

Panama merupakan negara dengan profil maritim yang kuat. Pada organisasi internasional di bidang pelayaran, panama memegang peranan penting sebagai negara anggota dewan IMO.(MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s