TNI AL, AD, AU

Pushidrosal Gelar Pemantapan Pengetahuan ENC Dan ECDIS Wilayah Barat

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) menggelar pemantapan pengetahuan tentang Electronic Navigational Charts (ENC) dan Electronic Chart Display And Information System (ECDIS) Wilayah Barat.

Kegiatan pemantapan pengetahuan Hidros tentang ENC dan ECDIS bagi pengawak Navigasi KRI Tahun Anggaran 2021 tersebut secara resmi dibuka oleh Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P., di Lounge room Perwira, Mako Pushidrosal, Jalan Pantai Kuta V/I Ancol Timur, Jakarta Utara. Selasa (23/3/2021)

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan personel tentang ENC dan ECDIS sebagai pengawak peralatan Navigasi KRI guna mendukung tugas pokok TNI AL dalam rangka penegakan hukum dan kedaulatan Negara di laut.

Pemantapan pengetahuan Hidros tentang ENC dan ECDIS TA 2021 ini dilaksanakan di dua wilayah Barat dan Timur. Untuk Wilayah Barat dilaksanakan di Pushidrosal dimulai tanggal 23-25 Maret 2013 dengan jumlah peserta 30 orang dan Wilayah Timur dilaksanakan mulai tanggal 30 Maret hingga 1 April 2021 juga diikuti oleh 30 orang peserta.

Kegiatan yang dilaksanakan meliputi teori dan praktek, menggunakan komputer dan perangkat lunak pendukung di kelas. Peserta diperkenalkan tentang pengetahuan dasar ENC dan ECDIS serta pengenalan IHO (S-4, S-52, S-57 dan S-63) termasuk pengoperasian ECDIS dan ENC yang dapat mendukung tugas pengawak kapal.

Danpushidrosal pada kesempatan itu dalam sambutannya mengatakan bahwa salah satu tugas Pokok TNI Angkatan Laut adalah melaksanakan tugas TNI Matra Laut dibidang pertahanan. Untuk dapat melaksanakan tugas pokoknya dengan baik, TNI ANgkatan Laut perlu dukungan prajurit yang professional, agar segala tugas dan tanggung jawab yang dibebankan kepadanya dapat dilaksanakan dengan baik.

“Ada beberapa sasaran yang ingin dicapai dari pelaksanaan kegiatan ini antara lain adalah memahami dan mengerti karakteristik ENS dan ECDIS, mempu mengoperasikan ECDIS beserta ENS dengan baik dan benar serta mampu mengatasi permasalahan dalm pengeoperasian ECDIS maupun ENC,” ujar Danpushidrosal.

Setelah kegiatan tersebut berjalan selama tiga hari, dilanjutkan dengan pelajaran teori dan praktek diantaranya pengenalan tentang pengetahuan dasar ENC dan ECDIS serta pengenalan IHO (S-4, S-52, dan S-63) termasuk pengoperasian ECDIS dan ENC , kegiatan tersebut secara resmi ditutup oleh Wadanpushidrosal Laksamana Muda TNI Budi Purwanto, S.T., M.M., mewakili Danpushidrosal Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P. Kamis (25/02/2021).

Dalam sambutan tertulis Danpushidrosal yang dibacakan Wadanpushidrosal, Danpushidrosal mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh peserta, instruktur dan kotama atau satker lainnya yang telah mendukung kegiatan ini hingga selesai dan lancar. Danpushidrosal juga mengharapkan dengan selesainya kegiatan ini dilaksanakan dapat bermanfaat bagi kemajuan dan profesionalisme prajurit matra laut serta berguna bagi para peserta secara pribadi maupun kesatuan dimanapun berada dan bertugas.(MM-01)

Kategori:TNI AL, AD, AU

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s