MARITIM

Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Wujudkan Kepedulian, Galang Aksi Sosial Donor Darah

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Capt Mugen S Sartoto MSc Saat Memberikan Sambutan,Jumat (19/2/2021).

Mimbarmaritim.com – Tanjung Priok

Kementerian Perhubungan Cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Otoritas Pelabuhan Utama (OP) Tanjung Priok bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Jakarta Utara menyelenggarakan kegiatan Aksi Sosial Donor Darah di Terminal Penumpang Nusantara Pura, Pelabuhan Tanjung Priok, hari ini, Jumat (19/2/2021). 

Kegiatan aksi sosial donor darah ini merupakan wujud kepedulian terhadap sesama karena setetes darah yang diberikan sangat berarti bagi kehidupan orang lain.

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama (Ka OP) Tanjung Priok, Capt Mugen S Sartoto MSc dalam sambutannya mengatakan bahwa OP turut terpanggil untuk membantu sesama dalam melakukan aksi sosial terutama pada masa pandemi covid-19 sekarang ini.

“Kantor Otoritas Pelabuhan Utama (OP) Tanjung Priok sebagai Instansi Pemerintah yang sehari-hari memiliki tugas dan fungsi mengawasi kegiatan operasional kepelabuhanan seperti kegiatan arus barang turut terpanggil, untuk ikut membantu masyarakat dalam mewujudkan tujuan yang mulia ini, salah satunya adalah melalui kegiatan aksi sosial donor darah yang bertujuan untuk kepentingan dan kemashlahatan orang banyak,” kata Capt Mugen.

Capt Mugen mejelaskan kegiatan donor darah ini terdiri dari 2 (dua) kategori yaitu donor darah konvalesen  penyintas covid-19 dan donor darah reguler. Donor darah konvalesen ialah darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh, dan kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa pemulihan setelah terinfeksi. Artinya, donor darah konvalesen berpijak pada pemahaman bahwa seorang penyintas infeksi, setelah sembuh akan membentuk antibodi dalam tubuhnya. Sedangkan donor darah reguler adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah sebagai stok darah untuk kemudian digunakan untuk transfusi darah.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi terhadap pelaksanaan kegiatan aksi sosial donor darah tersebut. Tak lupa, Beliau juga menghimbau kepada seluruh insan pelabuhan, baik Instansi Pemerintah maupun stakeholders untuk terus mendukung kegiatan aksi sosial seperti ini.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Jakarta Utara atas kerjasamanya dalam penyelenggaraan acara ini. Tak lupa apresiasi kepada para calon pendonor  yang berjumlah 287 orang yang berasal dari beberapa  Instansi Pemerintah dan Stakeholders di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok, diantaranya Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, KPU Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok, Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok, PT Pelabuhan Tanjung Priok, dan PT Mustika Alam Lestari. Mereka dengan tulus ikhlas sebagai abdi masyarakat memberikan tetesan darahnya bagi orang-orang yang sangat memerlukan transfusi darah dimanapun berada di seluruh nusantara,”tuturnya. 

Capt Mugen menambahkan insan Pelabuhan akan terus memberikan dukungan terhadap aksi sosial. Semoga peran serta OP Tanjung Priok bersama dengan PMI dapat terus terjalin serasi dan harmonis, yang setiap saat dengan tulus ikhlas sebagai abdi masyarakat memberikan tetesan darahnya bagi orang-orang yang sangat memerlukan transfusi darah dimanapun berada. (MM-Ody)

Kategori:MARITIM, PELABUHAN

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s