KORPORASI

Kegiatan Akhir Bulan K3, Pelindo III Menggelar Webinar Kesehatan Kerja

Mimbarmaritim.com – Surabaya
Menutup rangkaian Bulan K3 Nasional tahun 2021, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menggelar Webinar K3 dengan tema “Penerapan Kesehatan Kerja di Masa Pandemi Covid-19”. Tema tersebut dilatarbelakangi adanya pandemi Covid-19 yang saat ini masih melanda dunia, membuat sejumlah perusahaan terus melakukan adaptasi dalam berbagai hal, demikian halnya dengan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan kerja saat beraktivitas sehari – hari.

Berbagai kegiatan diselenggarakan dalam rangka peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2021 di lingkungan Pelindo III, diantaranya empat kali penyelenggaraan webinar K3 dengan topik yang berbeda, mulai dari budaya K3, Keselamatan Pelayaran, Jaminan Ketenagakerjaan dan Kesehatan kerja pada masa pandemi.

“Setiap webinar yang diselenggarakan setidaknya dikuti lebih dari 1000 peserta yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia dengan berbagai profesi, diantaranya karyawan, mahasiswa, akademisi, pengawas ketenagakerjaan, praktisi K3, asosiasi dan juga serikat karyawan,” demikian disampaikan Edi Priyanto Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III, melalui keterangan tertulisnya diterima Mimbar Maritim, hari ini Jumat (12/2/2021).

Ia menyebutkan di samping webinar, Pelindo III juga menyelenggarakan lomba foto, tiktok dan video sosialisasi K3 yang diikuti lebih dari 600 peserta. Kegiatan sosial juga dilakukan yaitu dengan menyelenggarakan aksi donor darah yang berhasil mengumpulkan total 304 kantong darah.

Tak hanya itu, katanya Pelindo III melaksanakan gerakan donor plasma konvalesen dan edukasi kepada para penyintas sebagai salah satu upaya memberikan pertolongan bagi para penderita Covid -19 kategori sedang dan berat juga dilakukan. Mengingat saat ini plasma konvalesen menjadi salah satu solusi dalam terapi penyembuhan pasien Covid -19. Dalam kegiatan donor plasma konvalesen tersebut Pelindo III berhasil mengumpulkan 276 kantong plasma.

“Kegiatan peningkatan kewaspadaan dan kesiapan K3 juga dilakukan diantaranya latihan pemadam kebakaran menggunakan APAR, Hydrant dan mobil Pemadam Kebakaran. Selanjutnya latihan evakuasi keadaan darurat juga dilakukan, pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) serta berbagai kegiatan lainnya,”ujar Edi.

Menurut dia, berbagai kegiatan yang digelar itu sebagai upaya Pelindo III dalam menyosialisasikan pentingnya K3 di dunia kerja kepada masyarakat, hingga para pekerja baik di lingkungan internal Pelindo III maupun perusahaan lainnya.

Acara penutupan Bulan K3 Nasional tahun 2021 dilakukan langsung oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, DR Himawan Estu Bagijo, S.H., M.H. 

 

Pada kesempatan itu Himawan menyampaikan apresiasinya kepada PT Pelindo III yang tak hanya bagus dalam konsep K3. Karena Pelindo III berhasil dalam penerapa k3 dilingkungan kerja dan operasional perusahaan.

“Hal ini, dapat dibuktikan PT Pelindo III dengan meraih prestasi dengan Penghargaan Zero Accident, penerapan SMK3 hingga program HIV/AIDS,”katanya.

Himawan menambahkan apa yang telah dilakukan Pelindo III dalam upaya penerapan budaya K3 di lingkungan kerjanya. Di harapkan bisa menjadi contoh bagi perusahaan lain. (MM-Ody).

Kategori:KORPORASI, MARITIM, PELABUHAN

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s