COAST GUARD

Direktur Perkapalan dan Kepelautan Capt Hermanta Tutup Kegiatan Bimtek PPKK Tahun 2020

Direktur Perkapalan dan Kepelautan Capt Hermanta Saat Memberikan Sambutan Penutupan Temu PPKK Tahun 2020 Di Jakarta, Jumat (13/11/2020)

Mimbar Maritim – Jakarta

Di tengah masa pamdemi Covid-19, Kementerian Perhubungan Cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) melalui Direktorat Perkapalan dan Kepelautan melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pejabat Pemeriksa Keselamatan Kapal (PPKK) Tahun 2020. Diselenggarakan selama 4 (empat) dari tanggal 10 sampai dengan 13 Nopember 2020 bertempat di Hotel Grand Mercure Jakarta.

Kegiatan Bimtek PPKK ini juga meluncurkan dan meresmikan aplikasi Sistem Informasi Perkapalan dan Kepelautan (SIMKAPEL). Aplikasi SIMKAPEL ini, sebagai upaya Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus mengikuti perkembangan teknologi dan informasi dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan terhadap masyarakat. Temu PPKK tahun 2020 resmi ditutup oleh Direktur Perkapalan dan Kelautan Capt. Hermanta pada Jumat (13/11/2020).

Capt Hermanta dalam sambutannya pada penutupan Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Temu Pejabat Pemeriksa Kegiatan Kapal mengatakan maksud dan tujuan kegiatan Bimtek dilaksanakan agar para PPKK dapat berbagi informasi dan mencari solusi. Jika ada permasalahan riil terkait kelaiklautan kapal yang dihadapi oleh para PPKK saat melaksanakan tugasnya dilapangan.

“Kami harapkan agar para peserta Temu Teknis PPKK untuk menggunakan kesempatan baik dalam mengikuti kegiatan ini. Dengan semaksimal mungkin untuk menyerap ilmu, informasi serta perkembangan terbaru di dunia Maritim dan Pelayaran dari para narasumber baik dari internal Kementerian Perhubungan, lembaga nasional dan internasional,” tutur Capt. Hermanta.

Capt. Hermanta pada kesempatan itu juga menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi atas kerjasama kepada seluruh pendukung terlaksananya acara tersebut, baik itu panitia pelaksana, staf dan pegawai Direktorat Perkapalan dan Kepelautan. Dukungan maupun partisipasi dan antusias seluruh peserta yang mengikuti serta terus ingin menambah ilmu pengetahuan pada Temu PPKK dari awal hingga akhir. 

“Kami berharap melalui kegiatan Temu PPKK ini sebagai suatu media tranformasi, transfer informasi untuk kita semua dalam permasalahan – permasalahan yang dihadapi dapat minimal terselesaikan atau informasi – informasi yang dibawa dari daerah dapat diinformasikan agar mendapatkan solusi. Selanjutnya komunikasi dapat dilakukan melalui WhatsApp, bisa juga melalui website ataupun melalui komunikasi – komunikasi yang saat ini terus berkembang,”ungkap Capt Hermanta.

Menurut dia, pada kesempatan Temu PPKK tesebut para peserta dapat terus  meningkatkan ilmu pengetahuan semaksimal mungkin dan menyerap seluruh ilmu dan informasi. Sesuai dengan perkembangan lingkungan strategis yang terbaru di dunia Maritim dan Pelayanan yang bersumber dari internal maupun eksternal Kementerian Perhubungan serta dukungan dari berbagai lembaga yang juga ikut memberikan waktu. Untuk mentransfer informasi serta pengetahuannya dari beberapa sektor lembaga yang berkaitan dengan Kementerian Perhubungan.

Mengakhiri sambutannya, Capt Hermanta menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh peserta yang antusias mengikuti Temu PPKK, semoga kedepan Pejabat Pemeriksa Keselamatan Kapal terus dapat mengembangkan diri dan ilmu dan  meningkatkan kapabilita, integritas. Sehingga Direktorat Jenderal Perhubungan Laut memiliki Sumberdaya PPKK yang semakin berkualitas, baik, profesional, akuntabel dan bekerja transparan serta memiliki integritas yang tinggi.

“Dalam kegiatan ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktur Perkapalan dan Kepelautan telah meresmikan sistem perkapalan dan kepelautan (SIMKAPEL).Hal ini, sebagai bentuk keseriusan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, untuk terus mengikuti perkembangan teknologi dan informasi serta digitalisasi dalam meningkatkan pelayanan bagi masyarakat,”pungkas Capt Hermanta.

Penutupan kegiatan Bimtek Pejabat Pemeriksa Keselamatan Kapal Tahun 2020 oleh Direktur Perkapalan dan Kepelautan Capt. Hermanta. Dilaksanakan dengan penuh semangat sesuai arahan Menteri Perhubungan dan Dirjen Perhubungan Laut. Kegiatan Bimtek PPKK masa pamdemi ini  tetap melaksanakan dan mentaati aturan protokol kesehatan 3 M menggunakan Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak antar peserta sehingga terhindar dari penyebaran Covid-19 dan tetap sehat.(Ody-01).

.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s