MARITIM

Pushidrosal Paparkan Pembangunan Zona Integritas (ZI) Di Hadapan Evaluator Kemenpan RB

Wakapushidrosal Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto, S.T., M.M. Ketua Tim Pelaksana Reformasi Birokrasi Pushidrosal.

Mimbar Maritim – Jakarta

Tim Reformasi Birokrasi Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) memaparkan pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas di lingkungan Pushidrosal. Pemaparan ini dilakukan di hadapan Evaluator Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI, di Jakarta, Senin (26/10/2020).

Paparan Pembangunan ZI Pushidrosal yang di lakukan secara daring ini dipimpin langsung oleh Wakapushidrosal Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto, S.T., M.M. selaku ketua Tim Pelaksana Reformasi Birokrasi Pushidrosal. Kolonel Laut (P) Iswantono, S.Si., M.M. memberikan presentasi untuk memaparkan tentang pelaksanaan pembangunan ZI Pushidrosal menuju Wilayah Bersih dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di hadapan Evaluator Kemenpan RB, Hatni.

Kolonel Laut (P) Iswantono, S.Si., M.M dalam paparannya menyampaikan bahwa Pushidrosal sebagai Komando Utama Pembinaan di jajaran TNI AL, Pushidrosal  mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pembinaan hidro-oseanografi yang meliputi survei, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan Iingkungan laut dan keselamatan navigasi pelayaran,  baik untuk kepentingan TNI maupun kepentingan umum, dan menyiapkan data dan informasi wilayah pertahanan di laut dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut.

Paparan Team Reformasi Birokrasi Pushidrosal
Untuk menunjang implementasi tugas dan fungsi Pushidrosal agar dapat terlaksana secara optimal, Pembangunan Zona Integritas menjadi suatu hal yang mutlak dilakukan, melalui pembangunan 6 area perubahan yang meliputi Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan, serta Peningkatan Pelayanan Publik.

Kolonel Laut (P) Iswantono, S.Si., M.M pada kesempatan itu juga memaparkan terkait capaian Pushidrosal selama ini.  Di antaranya  adalah Produk Pushidrosal telah mendapatkan Sertifikat Hak Cipta terhadap 25 judul produk peta dan Publikasi Nautika dan Sertifikat Akreditasi SNI ISO 9001 sehingga memenuhi syarat manajemen mutu. Kontribusi pelayanan public Pushidrosal  sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang disetorkan ke kas negara dari tahun 2016 sampai 2019 mengalami peningkatan yang signifikan.

“Pushidrosal merupakan Representasi Pemerintah RI dalam bidang hidrografi, kiprah dan peran Pushidrosal sebagai wakil Indonesia dalam bidang hidrografi  telah diakui di kancah Internasional. Hal ini dapat dilihat dari apresiasi berbagai organisasi hidrografi dunia atas kinerja Pushidrosal selama ini,”terangnya.

Dijelaskannya capaian Pushidrosal dikancah internasional antara lain : pernah menjadi Council Member International Hydrographic Organization (IHO), Vice Chair East Asia Hydrographic Commission (EAHC), Vice Chair North Indian Ocean Hydrographic Commission (NIOHC), menjadi anggota South West Pacific Hydrographic Commission (SWPHC), serta menjadi Chairman MSS-ENC (Malacca Singapore Strait-Electronic Navigational Charts).

Selain itu, katanya apresiasi  juga diberikan  terkait survei di Selat Malaka yang merupakan salah satu jalur terpadat di dunia, Danau Toba (inland waterways), dan pembuatan peta navigasi perairan pedalaman (inland waterway charts) di Sungai Musi dan Sungai Kapuas.

Kolonel Laut (P) Iswantono, S.Si., M.M menambahkan Pushidrosal juga memberikan dukungan hidrografi dalam kegiatan kemanusian dan penelitian geology pasca bencana tsunami di Palu-Donggala dan Selat Sunda, dan utamanya keberhasilan dalam menemukan Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Lion Air JT-610 di perairan Karawang.(Ody-Dispen).

Kategori:MARITIM, TNI AL, AD, AU

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s