COAST GUARD

Dirjen Hubla Resmikan Mobil Layanan Keliling Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok

Dirjen Perhubungan Laut Diwaliki Direktur Perkapalan Dan Kepelautan Capt. Hermanta Saat Peresmian Mobil Layanan Keliling

Mimbar Maritim – Jakarta

Dalam rangka meningkatkan pelayanan administrasi kepelautan yang prima kepada masyarakat, Kementerian Perhubungan Cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok melaksanakan Peresmian Pengoperasian Mobil Keliling di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta. Disaksikan langsung oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut  R. Agus .H.Purnomo secara Virtual, Kamis (22/10/2020).

Dirjen Agus dalam sambutannya menyampaikan bahwa Direktorat Perhubungan Laut, senantiasa berkomitmen bekerja keras dan terus berinovasi, dalam memberikan pelayanan prima kepada pengguna jasa transportasi laut agar dapat tercapai.

“Saya memberikan apresiasi kepada Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang menunjukkan kinerja dan upaya. Untuk dapat mewujudkan pelayanan prima melalui implementasi  beberapa program perubahan seperti Sistem Ambil Antar Pelayanan (SIAP), Aplikasi Masa Layar, Sipatimeh dan yang terakhir OSMMS (One Stop Mobile Maritime Service) atau layanan mobil keliling,” papar Dirjen Agus.

Dirjen Agus menjelaskan harapannya agar Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok dalam berinovasi dapat mewujudkan pelayanan yang terbaik, sehingga mampu dijadikan bekal dalam menuju zona integritas. Untuk menerapkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). “Sesuai laporan  yang saya terima menjadi salah satu target yang harus di capai Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok,”kata Dirjen Agus.

Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok Dr. Capt Wisnu Handoko, M.Sc

Lebih lanjut, Dirjen Agus mengatakan tugas dan fungsi syahbandar dalam melakukan pengawasan di bidang keselamatan, keamanan dan perlindungan lingkungan yang melibatkan banyak stakeholder dan masyarakat yang harus dilayani dengan jumlah cukup besar. Kondisi dimasa pandemi Covid-19 saat ini pelayanan publik yang menimbulkan kerumunan dan keramaian akan sangat beresiko tertular. Dengan adanya mobil keliling ini diharapkan bisa menjadi solusi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat namun tetap terjaga kesehatannya.

Dirjen Agus juga berpesan, agar fasilitas mobil keliling tersebut dimanfaatkan dan dipelihara, sehingga keberadaannya dapat membantu masyarakat dalam mengurus dokumen seperti Buku Pelaut, Gross Akte dan Sertifikat Keselamatan Kapal. Kehadiran Mobil Layanan Keliling tersebut masyarakat akan terbantu dan mudah untuk mengakses layanan – layanan yang di berikan KSU Tanjung Priok.

“Dengan hadirnya Mobil Layanan Keliling ini, para taruna dan para siswa lembaga diklat seperti di Kampus STIP Jakarta yang ingin mengurus Buku Pelaut dan masa layar, sekarang tidak perlu harus mengantri panjang lagi di Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok,”tutup Dirjen Agus. 

Sementara itu, Direktur Perkapalan dan Kepelautan Kombes Pol.Capt. Hermanta,S.H, M.M, M.Mar. dalam sambutannya menyampaikan upaya mendukung reformasi birokrasi di lingkungan Kementerian Perhubungan khususnya di Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, perlu dilakukan adanya novasi yang menyangkut aspek – aspek kelembagaan (organisasi) dan ketatalaksanaan (business process) dan sumber daya aparatur. Dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

Ia mengatakan semangat reformasi birokrasi harus selalu digaungkan baik pada tingkat Kementerian sampai dengan tingkat UPT (Unit Pelaksana Teknis). Hal ini, dilakukan sebagai jawaban dari dinamika tuntutan masyarakat terkait dengan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Menurut, Capt. Hermanta peresmian Mobil Layanan Keliling Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, menjadi momentum bagi Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok. Dalam rangka mendukung reformasi birokrasi pada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. Mobil Layanan Keliling tersebut diharapkan menjadi Pioneer KSU Tanjung Priok untuk melakukan inovasi – inovasi pelayanan publik. Dalam mewujudkan pelayanan prima kepada pengguna jasa dan juga dapat mengintegrasikan program – program yang telah berjalan sebelumnya.

“Direktorat Perkapalan dan Kepelautan sangat mendukung dan menyambut baik Mobil Layanan Keliling yang merupakan wujud dan inovasi yang dilakukan KSU Tanjung Priok. Dalam rangka efektifitas dan efisieni pelayanan terkait perkapalan dan kepelautan. Dengan adanya Mobil Layanan Keliling dapat meningkatkan kinerja Ditjen Hubla secara khusus KSU Tanjung Priok dalam melayani kebutuhan masyarakat terkait dengan pelayanan perkapalan dan kepelautan,” tutur Capt. Hermanta.

Capt. Hermanta pada kesempatan itu, juga mengingatkan kepada para pegawai Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, khususnya para petugas pelayanan agar selalu melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan sesuai ketentuan yang berlaku.

” Semoga dengan Mobil Layanan Keliling ini, Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat. Khususnya masyarakat Maritim dan terus berinovasi serta terus maju,”pungkas Capt. Hermanta.

Pada kesempatan yang sama Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok Dr. Capt.Wisnu Handoko.M.Sc dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada kakak kelas nya Ketua STIP Jakarta Amiruddin yang telah memberikan fasilitas dan tempat untuk meresmikan Mobil Layanan Keliling Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok. 

Menurut dia, pelaksanakan acara peresmian Mobil Layanan Keliling Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok telah direncanakan dalam waktu yang relatif singkat, “Namun kami dapat persiapkan dan  terlaksana dengan baik,” kata Capt. Wisnu Handoko. 

Capt Wisnu mengatakan pelabuhan Tanjung Priok merupakan pelabuhan nasional yang sudah bertaraf Internasional tentunya selalu diharapkan bisa menjadi pilot project kepada pelabuhan lain. Mobil Layanan Keliling baru yang pertama ini akan dapat dijadikan inspirasi dan memberikan contoh terhadap pelabuhan lainnya.

“Semoga dengan kehadiran Mobil Layanan Keliling Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok , akan memberikan manfaat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, peserta Diklat dan Taruna/i Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta dalam pengurusan dokumen kepelautan ,”tutup Capt. Wisnu Handoko.

Turut hadir dalam acara peresmian Mobil Layanan Keliling Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok diantaranya  : Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta Amiruddin, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas (KSOP) Kelas III Sunda Kelapa Capt. Roni Fahmi, Kepala KSOP Kelas IV Marunda Iwan Sumantri, Kepala KSOP Kepulauan Seribu Kelas IV Hanif Kartika Yudha, General Manager (GM) IPC Cabang Tanjung Priok diwakili Deputi General Manager (DGM) Pelayanan Kapal Pelabuhan Tanjung Priok Capt. Teddy Gunawan dan jajaran Pejabat Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok.(Ody-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s