MARITIM

Panglima Kolinlamil Berikan Kuliah Umum Kepada Pasis SESKOAU A-57 Lewat VIirtual

Mimbar Maritim – Jakarta

Satya Wira Jala Dharma. Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) Memberikan pembekalan kuliah umum kepada Perwira Pendidikan Reguler Sekolah Staf Komando TNI Angkatan Udara (Seskoau) A-57 tahun 2020 melalui video konferensi dari ruang vicon Mako Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (12/10/2020). 

Panglima Kolinlamil memberikan materi tentang organisasi kotama Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mulai sejarah Kolinlamil, tugas pokok Kolinlamil serta  pembinaan operasi dalam menghadapi kemungkinan berbagai ancaman. Para Pasis ( Perwira Siswa) Seskoau sebanyak 150 ini mengikuti kuliah umum dari Kampus Seskoau Lembang, Bandung. 

Dalam kesempatan tersebut, Orang nomor satu di Kolinlamil ini menjelaskan bahwa sesuai dengan Peraturan Presiden nomor 62 tahun 2016 sebagaimana telah diubah dalam Perpres 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI. Sebagai salah satu kotama operasi dilingkungan TNI AL, Kolinlamil memiliki tugas pokok menyelenggarakan operasi angkutan laut TNI baik dalam rangka operasi militer untuk perang maupun operasi militer selain perang dan bantuan angkutan laut sesuai dengan kebijakan Panglima TNI.

Sedangkan sebagai kotama pembinaan Kolinlamil sebagai pembina tunggal angkutan laut TNI, pembina kemapuan sistem angkutan laut militer, pembina potensi angkutan laut nasional guna kepentingan pertahanan keamanan negara dilaut. 

Selain itu pembina kesiapan operasi untuk melaksanakan angkutan laut TNI yang meliputi personel, alat-peralatan, dan perbekalan baik yang bersifat taktis, strategis maupun administrasi sesuai dengan kebijakan Panglima TNI yang berkedudukan dibawah tanggung jawab kepada Kasal.

“Dalam tugasnya kapal-kapal perang Kolinlamil melaksanakan pergeseran kekuatan militer baik pasukan maupun logistik melalui laut di seluruh perairan Indonesia yang dapat dilaksanakan secara individu maupun dalam bentuk formasi baik pada saat damai maupun masa perang,” jelas alumni AAL tahun 1988 angkatan 33 ini.

Panglima Kolinlamil mencontohkan bahwa dalam operasi gabungan baik dalam Komando Tugas gabungan laut dan komando tugas gabungan amfibi, kekuatan TNI Angkatan Udara (pesawat tempur) terlibat dalam operasi tersebut. Apalagi dalam suatu operasi pendaratan amfibi, peran pesawat udara sangat penting dalam keberhasilan operasi tersebut. Demikian juga dalam operasi Kolinlamil keunggulan udara sangat menentukan.

Panglima Kolinlamil juga menyampaikan bahwa dalam operasi pendaratan administrasi (Opsratmin), Kolinlamil yang memiliki domain dalam operasi tersebut, juga memiliki kepentingan terhadap keterlibatan pesawat tempur dalam merebut keunggulan udara guna mencapai keberhasilan tugas operasi pendaratan administrasi.

Dalam kuliah tersebut, Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) juga membuka forum tanya jawab bagi para perwira siswa yang berasal dari berbagai kesatuan di TNI AU dan juga ada beberapa pasis dari TNI AD, TNI AL serta pasis negara sahabat.(Ody – Dispen )

Kategori:MARITIM, TNI AL, AD, AU

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s