MARITIM

Kendali Kemudi KRI Ambonia 503 Diserah Terimakan 

Mimbar Maritim – Surabaya

Satya Wira Jala Dharma, Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 1 Jakarta Kolonel Laut (P) Dian Purnomo Sidi memimpin upacara serah terima jabatan Komandan KRI Teluk Amboina-503 dari  Letkol Laut (P) Bambang Purnomo kepada penggantinya Letkol Laut (P) Agus Yunianto di Geladak KRI Teluk Amboina-503, Dermaga Mako Kolinlamil, Jakarta Utara, hari ini Rabu (7/10/2020).

Letkol Laut (P) Agus Yunianto adalah alumni Akademi Angkatan Laut angkatan 48 tahun 2002 yang sebelumnya menjabat sebagai Perwira Pelaksana (Palaksa) KRI Banjarmasin 592. Karir penugasannya banyak berdinas dilingkungan Komando Armada RI Kawasan Barat yang kini bernama Komando Armada RI I. 

Pamen kelahiran Bondowoso 42 tahun lalu ini banyak bertugas di kapal-kapal perang eskorta dan patrol. Ia juga pernah menjabat sebagai Komandan KRI Viper yang merupakan kapal jenis patrol dibawah kendali Satuan Keamanan Laut (Satkamla) Lantamal I Belawan.

Sejak lulus Dikreg Seskoal tahun 2018, ia mulai bergabung dengan Kolinlamil dengan menjabat sebagai Palaksa KRI Banjarmasin 592 dan sesuai telegram Kasal tanggal 13 Agustus 2020, jabatan komandan KRI Amboina 503 diembannya.  

Komandan Satlinlamil Jakarta dalam amanatnya mengatakan jabatan Komandan KRI merupakan jabatan yang sangat strategis dengan memiliki kewenangan serta power yang sangat luas. Oleh karena itu berbanggalah kepada para perwira yang dipercaya oleh TNI AL dan negara untuk menjadi seorang Komandan KRI. 

“Khusus bagi seorang Komandan harus mengetahui, menguasai dan memahami kondisi peralatan dan kondisi seluruh anak buah dengan segala permasalahannya yang ada pada mereka. Hendaknya seorang komandan dapat dijadikan sebagai guru, bapak sekaligus sebagai atasan bagi seluruh anak buahnya. Oleh sebab itu bersikaplah dewasa, arif dan bijaksana, cermati setiap situasi yang ada,” ujar Dansatlinlamil Jakarta. 

Pada bagian lain amanatnya Dansatlinlamil Jakarta berpesan kepada seluruh Anak Buah Kapal (ABK) KRI, agar tetap melaksanakan tugas yang diemban secara ikhlas dan maksimal, serta harus mendukung sepenuhnya kepada Komandan yang baru seperti yang dilakukan selama ini terhadap Komandan yang lama.

Sementara itu, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irwan Achmadi M.Tr (Han) disela-sela waktunya mengatakan cepatnya perkembangan strategi dunia saat ini, para komandan KRI harus dapat lebih jeli dan tanggap terhadap lingkungan strategis yang berkembang sehingga diharapkan dapat membawa perubahan yang positif bagi kemajuan organisasi yang diawakinya yaitu KRI dan personel-personelnya.

KRI Teluk Amboina 503 merupakan salah satu kapal andalan Kolinlamil dalam mengemban tugas- tugas negara baik dalam OMP dan OMSP, walaupun termasuk KRI yang sudah tua namun tetap mampu mengemban tugas Negara.

“Saya berharap seluruh awak KRI Amboina 503 tetap menjaga profesional dan loyalitas dalam bertugas, tingkatkan terus kemampuan diri dengan mengikuti latihan maupun tugas-tugas dengan serius, teliti bertanggung jawab dan penuh semangat,” kata Panglima memberi semangat.

Sementara itu, kepada Letkol Laut (P) Bambang Purnomo, Komandan Satlinlamil 1 Jakarta menyampaikan terima kasih selama pengabdiannya sebagai Komandan KRI Teluk Amboina-503. Dengan bekal ilmu dan pengalaman yang telah anda miliki saat ini tetap berprestasi di tempat penugasan yang baru sebagai Paban Ops Sops Kolinlamil. 

Turut hadir pada upacara tersebut, para Komandan KRI yang berada di jajaran Satlinlamil Jakarta dan perwira staf Satlinlamil Jakarta. (Ody – Dispen).

Kategori:MARITIM, PELAYARAN, TNI AL, AD, AU

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s