COAST GUARD

Kantor Distrik Navigasi Kelas I Dumai Kibarkan Bendera Merah Putih Peringati Menara Suar Ke-5 Tahun 2020

Mimbar Maritim – Dumai

Dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) pada tanggal 17 September 2020 yang lalu dan Hari Menara Suar yang ke-5 tanggal  22 September 2020.

Kantor Distrik Navigasi Kelas I Dumai – Riau telah melaksanakan kegiatan pengibaran bendera Merah Putih dengan ukuran sedang dan ukuran besar (15 m x 10 m).

Pengibaran bendera Merah Putih ini dilaksanakan di Desa Teluk Rhu Dusun Tanjung Jaya (Tanjung Medang) Pulau Rupat KabupatenBengkalis Provinsi Riau, hari ini Minggu (20/9/2020).

Bertugas sebagai pelaksana upacara Pengibaran Bendera Merah Putih sebagai Inspektur Upacara (Irup) Hotman Sijabat.

Kepala Distrik Navigasi Kelas I Dumai Raymond Sianturi dalam sambutannya mengatakan upacara pengibaran bendera Merah Putih dilaksanakan, dalam rangka memperingati Hari Menara Suar ke-5 yang jatuh pada hari Selasa tanggal 22 September 2020.

Raymond  mengungkapkan acara ini sekaligus dirangkai dengan melaksanakan kampanye  keselamatan dan kesehatan. Berupa pembagian alat keselamatan dan masker, hand sanitizer. Dilanjutkan dengan melakukan bersih – bersih di lingkungan sekitar Menara Suar bersama peserta upacara dan warga sekitar.

“Pada kesempatam ini, kami menyampaikan agar kita menjaga rambu – rambu navigasi yang terpasang di laut dan tidak menambatkan kapalnya ke SBNP ( Sarana Bantu Navigasi Pelayaran) yang ada di Laut,” katanya.

Selain itu, Raymond juga memberi himbauan kepada para masyarakat yang disekitar Menara Suar, supaya tidak merusak SBNP  yang dapat menyebabkan tidak berfungsinya SBNP.

Lebih lanjut, Raymond menyampaikan harapannya kepada masyarakat sekitar agar memberitahukan kepada petugas Navigasi terdekat jika ditemukan SBNP tidak berfungsi.Karena SBNP tersebut adalah dibeli dengan menggunakan uang rakyat melalui anggaran pemerintah. 

“Untuk itu, mari kita saling menjaga  supaya SBNP tersebut tetap berfungsi. Demikian beberapa harapan sekaligus himbauan yang dapat kami sampaikan. Selamat Harhubnas dan Hari Menara Suar,”pungkas Raymond.

Hadir dalam kegiatan pengibaran bendara Merah Putih diantaranya Jajaran Pejabat Distrik Navigasi (Disnav) Kelas I Dumai, penjaga Menara Suar, Kepala Dusun setempat Syahril, Ketua Pemuda Tanjung Medang, Tokoh masyarakat Tanjung Medang Rahmat, Perkumpulan Masyarakat Tanjung Medang (PMTM) dan warga masyarakat sekitar Menara Suar Tanjung Medang.

Upacara pengibaran Bendera Merah Putih dengan ukuran bendera sedang dan besar di Menara Suar setinggi 55 m. Usai upacara dilanjutkan pembagian alat keselamatan yaitu Life jacket, peralatan kesehatan berupa masker, hand sanitizer. Melaksanakan bersih – bersih di lingkungan Menara Suar bersama peserta upacara dan masyarakat sekitar.(Ody-01).

Kategori:COAST GUARD, MARITIM, PELAYARAN

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s