KORPORASI

Pemerintah Siapkan Kawasan Industri Menyambut Pabrik Yang Relokasi Ke Indonesia

Kawasan Industri Batang – Jawa Tengah

Mimbar Maritim – Jakarta

Presiden Joko Widodo pada 30 Juni 2020 telah mengumumkan 7 perusahaan akan relokasi investasi ke Indonesia. Satu dari 7 perusahaan tersebut telah positif segera akan merelokasi pabriknya dan telah melakukan groundbreaking. Belajar dari pengalaman tahun lalu dimana peristiwa kegagalan Indonesia meraih limpahan relokasi 33 pabrik dari China tak satu pun yang masuk Indonesia.

Saat ini pemerintah lebih serius dan telah menyiapkan dua kawasan industri sekaligus untuk menyambut para pabrik yang akan relokasi ke Indonesia diantaranya Kawasan Industri Batang dan Kawasan Industri Brebes (KIB). Khusus kawasan Batang sengaja dikebut untuk segera menangkap peluang investasi agar tak terulang kegagalan Indonesia menarik relokasi pabrik dari China pada 2019 lalu.

Perusahaan yang akan merelokasikan pabriknya tersebut umumnya merupakan pindahan dari China yang berasal dari Amerika Serikat sesuai perbincangan Presiden Jokowi dan Donald Trump pada medio 15 May 2020. Perusahaan asal AS harus pindah karena perang dagang antara kedua negara, juga hubungan yang terus memanas dalam beberapa waktu belakangan. Peluang ini tidak boleh disia-siakan oleh Indonesia.  

Kawasan Industi Brebes -Jawa Tengah

Selain dua Kawasan Industri Batang dan Kawasan Industri Brebes (KIB) yang telah disiapkan oleh pemerintah dalam menampung relokasi industri perusahaan perusahaan AS, daerah lain seperti Subang Jawa Barat menjadi daya tarik tersendiri bagi investor asing sebagai tujuan relokasi.

Faktor utama didalam penentuan lokasi relokasi industri antara lain upah buruh yang relatif masih rendah dan infrastruktur yang memadai. Upah Minimum Regional (UMR) tahun 2020 Kabupaten Batang Rp 2.061.700, Kabupaten Brebes Rp 1.807.614 dan Kabupaten Subang Rp 2.965.468.

Kawasan industri Batang ditargetkan menjadi kawasan industri percontohan kerja sama antara pemerintah dan BUMN. Konsepnya infrastruktur dasar dan pendukung disediakan oleh pemerintah. Infrastrukturnya meliputi akses jalan tol dan non-tol, penyediaan air baku dan air bersih, kereta api, listrik, gas, terminal kontainer darat (dry port) dan pelabuhan. 

Sedangkan Kawasan Industri Brebes akan dibangun dengan konsep ramah lingkungan serta terintegrasi dengan pemukiman dan area komersil. Perusahaan menggandeng pemenang sayembara desain ibu Kota Baru, Urban.

Selanjutnya Pembangunan kawasan industri di Kabupaten Subang merupakan salah satu upaya mendatangkan investasi asing langsung (Foreign Direct Investment/FDI) ke dalam negeri dengan dukungan Pelabuhan Patimban.

Kawasan Industri Subang – Jawa Barat

Deputy Chief of Mission Embassy of Republic of Indonesia in Tokyo, Tri Purnajaya melalui virtual meeting MarkPlus Industry Roundtable Automotive industry Perspective, Jumat (15/5/2020) mengatakan, Jepang diam-diam melirik Indonesia buat relokasi pabriknya. Negara tersebut disebut-sebut tengah siapkan dana senilai 23,5 miliar Yen untuk merelokasi pabrik-pabrik mereka ke Asia Tenggara.

Lebih lanjut Deputy Chief of Mission Embassy of Republic of Indonesia in Tokyo, Tri Purnajaya mengatakan pabrik yang akan direlokasi di antaranya bergerak di sektor otomotif dan manufaktur. Relokasi ini juga dipicu oleh masalah pasokan komponen yang biasanya dari China, belakangan tertanggu akibat wabah corona.

Selain itu, Jepang juga telah mengalokasikan US$ 2 miliar dari paket stimulus ekonomi untuk membantu perusahaan yang mengalihkan produksinya dari China untuk kembali ke Jepang. 

“Saya berharap agar sebagian perusahaan yang realokasi, jatuh ke indonesia, karena saingan kita adalah Vietnam dan Thailand. Jika kita bisa mengatasi tantangan pandemi ini dengan baik dan bisa memenuhi kriteria yang diharapkan oleh Pemerintah Jepang, why not kita tarik lebih banyak. Jepang ini investasinya besar sekali dan Indonesia potensinya sangat besar dibanding Vietnam dan Thailand,” tambahnya. (EditorOdy).

Penulis : Direktur Eksekutif Himpunan Masyarakat Peduli Maritim

Kategori:KORPORASI, LOGISTIK

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s