MARITIM

Jelang Peringatan HUT RI Ke-75 Jajaran Kolinlamil Gelar Salat Hajat

Mimbar Maritim – Jakarta

Satya Wira Jala Dharma. Tengah malam menjelang peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020, Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menggelar salat hajat bersama yang diikuti oleh Panglima Kolinlamil Laksma TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han), Kepala Staf Kolinlamil, para Asisten, Komandan Satlinlamil Jakarta dan para perwira yang berlangsung di Geladak Heli KRI Banda Aceh 593 yang sandar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin dinihari (17/8/2020).

Salat Hajat bersama yang diimami oleh Kasetum Kolinlamil Letkol Laut (KH) Chumaedi, S.Ag. tersebut dilaksanakan tepat saat waktu menunjukan pukul 00.00 WIB. Salat dua rakaat ini dilakukan sebagai bentuk munajat kepada Sang Maha Kuasa atas kehidupan manusia ini untuk memohon kemudahan, kelancaran dan keselamatan Bangsa Indonesia dalam menghadapi segala permasalahan yang sedang melanda saat ini dan kedepannya serta rasa syukur dengan kemerdekaan yang telah diraih selama 75 tahun ini.


Panglima Kolinlamil Laksma TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan doa bersama ini digelar sebagai wujud rasa syukur atas nikmat dan karunia Allah Tuhan Yang Maha Esa terhadap kemerdekaan yang telah diberikan, mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dan wujud memohon keselamatan terhadap bangsa dan negara.

“Dipertengahan malam menuju peringatan hari kemerdekaan ini, mari kita memohon kepada Allah SWT untuk keselamatan, kemudahan dan kelancaran negara kita dalam menghadapi berbagai permasalahan yang ada dan ungkapan rasa syukur kita atas limpahan rahmat yang dikaruniakan kepada bangsa Negara Indonesia di peringatan HUT ke-75 kemerdekaan.

Semoga bangsa dan Negara kita selalu dalam lindunganNya” kata Panglima Kolinlamil sesaat sebelum Salat Hajat.
Usai salat hajat, acara berlanjut dengan dzikir istighfar dan membaca surat Yasin secara bersama-sama.

Ritual tengah malam juga dilakukan warga Nasrani dan Hindu Kolinlamil dilong room KRI Banda Aceh 593.
Warga Nasrani Kolinlamil yang dipimpin Irkolinlamil Kolonel Laut (S) Frendy Hotma S., S.E., CfrA melangsungkan tirakat tengah malamnya dilong room perwira KRI Banda Aceh 593 dengan dipandu Mayor Laut (PM) Hotma Sitorus yang juga seorang theolog Nasrani.

Begitu pula warga Hindu yang melakukan ritual tradisinya dengan memanjatkan doa kepada Sang Hyang Widhi untuk keselamatan bangsa dan Negara Indonesia.

Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Kolinlamil akan dilaksanakan tanpa upacara mengingat himbauan dan instruksi dari Panglima TNI untuk masing-masing Kotama TNI mengikuti upacara HUT-75 Kemerdekaan RI secara virtual.

“Sesuai instruksi pimpinan TNI dan pemerintah, Kolinlamil pada hari H peringatan HUT ke-75 kemerdekaan RI mengadakan pemotongan tumpeng sebagai syukuran HUT ke-75 kemerdekaan dan mengikuti upacara peringatan kemerdekaan secara virtual,” jelas Laksma TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han). (Ody – Dispen Kolinlamil).

Kategori:MARITIM, TNI AL, AD, AU

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s