MARITIM

Pangkolinlamil Instruksikan Jajaran Kolinlamil Prioritaskan Unsur – Unsur KRI

Mimbar Maritim– Jakarta

Satya Wira Jala Dharma. Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Pertama TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) melakukan inspeksi kesiapan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Banda Aceh 593 yang tengah sandar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, hari ini Jumat (7/8/2020).

Inspeksi yang dilaksanakan usai menyampaikan entry briefing kepada jajaran Kolinlamil ini merupakan salah satu komitmen Panglima Kolinlamil terhadap unsur-unsur KRI. Sesuai dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut yang salah satunya komitmen terhadap unsur-unsur KRI sebagai tulang punggung TNI Angkatan Laut.
Inspeksi ini juga untuk memastikan kesiapan KRI Banda Aceh 593 yang akan melaksanakan berbagai tugas operasi angkutan laut militer.

Panglima Kolinlamil menginstruksikan para Asisten dan Kepala Dinas untuk mendukung penuh kesiapan unsur-unsur KRI dengan berbagai kebutuhan dalam rangka menyelenggarakan angkutan laut militer.

“Prioritas kepemimpinan saya adalah untuk mendukung unsur-unsur KRI, para Asisten dan Kepala Dinas untuk mendukung penuh segala kebutuhan KRI agar selalu siap dalam melaksanakan tugas pokok sebagai penyelenggara angkutan laut militer,” jelas Panglima Kolinlamil kepada jajaran Kolinlamil saat entry briefing di Lapangan Mulyono Silam, Mako Kolinlamil.

Meskipun kapal-kapal perang Kolinlamil kini berjumlah 10 KRI, namun peran serta dan tugas pokok Kolinlamil dalam menjaga kedaulatan NKRI tetap menjadi yang terdepan.
Inspeksi ini merupakan salah satu upaya Panglima Kolinlamil untuk melihat dari dekat kondisi teknis dan kesiapan operasional KRI dalam menghadapi tugas-tugas yang akan diembannya serta mengetahui tingkat kedisiplinan ABK KRI dalam menjaga dan memelihara Alutsista yang dipercayakan negara.

Selama melakukan inspeksi, Pangkolinlamil berkesempatan memeriksa hampir seluruh bagian kapal, mulai dari anjungan, haluan hingga buritan serta segala hal yang berkaitan dengan mesin kapal system navigasi, persenjataan kapal, dapur umum, ruang kesehatan dan lounge room.

Selanjutnya, Pangkolinlamil juga melakukan dialog dan menerima penjelasan dari komandan KRI tentang kondisi teknis dan kesiapan kapal saat ini.
Penekanan Panglima Kolinlamil kepada seluruh prajurit KRI Banda Aceh 593 untuk selalu siap dalam menghadapi tugas.

“Prajurit KRI Banda Aceh 593 harus selalu siap siaga dan sigap dalam melaksanakan tugas yang diemban dan bekerjalah secara sungguh-sungguh serta fokus. Dan waspada dengan virus covid 19, Tetap Displin dan ikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah,” tandas Panglima Kolinlamil.

Selain itu, Panglima Kolinlamil juga menekankan prajuritnya untuk mengkuti perkembangan lingkungan strategis dan ilmu pengetahuan teknologi yang semakin dinamis. “Prajurit Kolinlamil harus peka dan update teknologi untuk meningkatkan kreatifitas dan profesionalisme sebagai prajurit matra laut” ujarnya kepada jajaran Kolinlamil saat entry briefing.

Laksma TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) yang sebelumnya pernah menjabat Kepala Staf Kolinlamil (Desember 2017 – April 2019) ini menginstruksikan para prajurit Kolinlamil untuk menyiapkan dan membekali diri menghadapi validasi organisasi Kolinlamil yang akan menambah satuan pelaksananya di Makassar (Satlinlamil Makassar).

“Validasi organisasi di TNI AL, yang tentu mengembangkan kotama Kolinlamil salah satunya harus dapat memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar. Sebagai prajurit matra laut dimanapun berada kita harus dapat memberikan manfaat bagi masyarakat disekeliling kita bertugas. Jangan mengeksklusif diri,” tegas Panglima Kolinlamil.

Panglima Kolinlamil pun mengajak jajarannya para prajurit penjelajah samudera Satya Wira Jaladharma untuk membaca dan mengamalkan perintah harian Kasal sebagai bekal dalam melaksanakan tugas sehari-hari.(Ody – Dispen Kolinlamil)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s