MARITIM

KOLINLAMIL SIAPKAN LANGKAH KELANGKAAN PANGAN DAMPAK PANDEMI COVID 19

Mimbar Maritim – Jakarta

Satya Wira Jala Dharma. Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menggalakkan program ketahanan pangan bagi seluruh jajarannya sebagai salah satu langkah mengantisipasi dampak penyebaran pandemi COVID-19.

Program ketahanan pangan melalui aksi penanaman berbagai tanaman produktif pada lahan kosong yang ada di lingkungan Kolinlamil di Jakarta maupun Surabaya. Program ini akan berlangsung selama kurun waktu 6 bulan mulai April hingga September sesuai dengan masa tanam hingga panen dan budidaya ikan.

Komandan Satgas Ketahanan Pangan Kolinlamil Kolonel Laut (P) Hari Mulyadi, S.E., M.M., M.Han mengatakan program ketahanan pangan yang dilaksanakan berupa penanaman tanaman mengandung karbohidrat serta berbagai sayuran untuk memenuhi kebutuhan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

“Kolinlamil menanam umbi-umbian, tanaman obat, sayur-sayuran dan juga membuat kolam atau empang untuk budidaya ikan,” jelas Komandan Satgas Pangan Kolinlamil yang juga Aspotmar Panglima Kolinlamil.

Pada program ini, Kolinlamil melibatkan seluruh prajurit, PNS maupun jalasenastri untuk memberdayakan lahan kosong yang berada di sekitar lahan kebun Kolinlamil yang ada di kawasan Sunter, Kelapa Gading, Jakarta Utara dan Mako Satlinlamil Surabaya.

“Hasil yang kita tanaman yang beraneka ragam nantinya dapat dipanen dan kolam ikan yang kita budidaya akan dapat kita konsumsi ikannya” tutur Aspotmar.

Sementara itu Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program ketahanan pemerintah sebagai tindak lanjut menghadapi dan mengantisipasi dampak merebaknya pandemi COVID-19 di berbagai daerah di tanah air, jika penyebarannya berkepanjangan.

“Program ini juga merupakan bagian dari sistem peringatan dini terkait kecenderungan kebutuhan pangan yang akan terus meningkat dari hari ke hari, sehubungan penyebaran COVID-19,” katanya saat berada di ruang kerja Panglima Kolinlamil, Selasa (5/5/2020).

Dikatakannya, ketahanan pangan adalah terpenuhinya kebutuhan bahan pangan dalam jumlah yang cukup, tersedia setiap saat, mudah memperoleh, aman dikonsumsi dan harga yang terjangkau.

“Program tersebut juga untuk mengisi waktu senggang prajurit bersama keluarganya dalam memanfaatkan kebijakan kerja dari rumah,”pungkasnya. (Ody – Dispen Kolinlamil)

Kategori:MARITIM, TNI AL, AD, AU

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s