MARITIM

KEPALA BPSDM PERHUBUNGAN MENUTUP PROGRAM DIKLAT PELAUT TINGKAT II DAN IV JURUSAN NAUTIKA DAN TEKNIKA DI KAMPUS STIP JAKARTA

Mimbar Maritim – Jakarta 

Kementerian Perhubungan c.q Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) melalui Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta. Melaksanakan penutupan terhadap peserta Diklat keahlian pelaut yang mengikuti pendidikan. Diantaranya Ahli Nautika Tingkat II, Teknika Tingkat II dan Nautika Tingkat IV, Teknika Tingkat IV bertempat di Gedung Auditorium Kampus STIP Jakarta,Kamis (20/2/2020).

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Sugihardjo selaku Inspektur Upacara acara penutupan Diklat dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar para lulusan yang telah menyelesaikan Diklat agar dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman.

“Diharapkan para pelaut dapat berkreasi secara inovatif melalui ide-ide, saran maupun masukan bagi pengembangan dunia pendidikan dan dunia maritim. Seiring dengan perubahan jaman, sehingga terwujud SDM Maritim yang handal san profesional sesuai dengan keahliannya masing-masing,”ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Sugihardjo juga mengucapkan terimakasih dan apresiasinya kepada seluruh yang lulus karena sudah mengikuti marlin test. Sehingga mempunyai kemampuan bahasa Inggris berstandar internasional.

” Karena marlin test salah satu persyaratan untuk memenuni tuntutan industri maritim mengenai standarisasi bahasa Inggris. Dimana STIP juga memiliki program marlin test yang menghasilkan sertifikasi dan hasil tes tersebut diakui di seluruh dunia. Kami berterima kasih kepada Bapak/Ibu sekalian  telah turut berpartisipasi dalam program tersebut selama masa pendidikan,” jelas Sugihardjo.

Menurut dia, bahwa STIP Jakarta salah satu keberhasilannya  adalah menjalakan program Recognice Past Learning (RPL),”

Sugihardjo menjelaskan bahwa pencapaian STIP yakni program RPL, karena program tersebut adalah program penyetaraan ijazah laut yang miliki para Perwira Siswa (Pasis) yang dilantik hari ini, misalnya ANT I disetarakan dengan Strata II (S2).

” STIP Jakarta melaksanakan program RPL Tipe A bagi perwira siswa tingkat I dan II. Program ini sedang dilaksanakan oleh STIP dan bila para pesertanya berhasil menyelesaikan Diklat, maka akan berhak memiliki ijazah yang setara dengan Diploma IV,” tuturnya.

Diakhir sambutannya, Sugihardjo mengajak para Pasis yang sudah dilantik agar ikut berperan dalam pelaksanaan praktek para Taruna/Taruni STIP Jakarta.

Pihak Kampus STIP Jakarta katanya membuka pintu kerjasama kepada seluruh Pasis yang di lantik. Untuk dapat membantu Taruna/Taruni STIP Jakarta, dalam memberi atau membantu ruang dan tempat bagi Taruna/Taruni melaksanakan praktek laut dan darat.

Sementara Ketua STIP Jakarta, Amiruddin pada kesempatan yang sama dalam laporannya menyampaikan komposisi peserta yang mengikuti diklat tersebut. Dalam laporannya peserta diklat keahlian pelaut yang mengikuti pendidikan terdiri dari Ahli Nautika Tingkat II berjumlah 39 peserta, Ahli Teknika Tingkat II berjumlah 35 peserta, Ahli Nautika Tingkat IV berjumlah 55 peserta, dan Teknika Tingkat IV berjumlah 28 peserta.

Amiruddin mengatakan bahwa seluruh peserta Diklat berhasil lulus 100 persen dan seluruh peserta mengikuti ujian akhir dengan hasil kelulusan lulus 100 persen. Keseluruhan Pasis yang dilantik pada kegiatan penutupan Diklat kali ini berjumlah 157 orang peserta. (Ody-01).

Kategori:MARITIM, MULTI TRANSPORTASI

Tagged as: