COAST GUARD

DITJEN HUBLA MELALUI KSOP KELAS I PANJANG – BANDAR LAMPUNG GELAR PUNCAK PERINGATAN K3 KE.50 TAHUN 2020 SECARA NASIONAL

Mimbar Maritim – Panjang

Kementerian Perhubungan c.q Ditjen Perhubungan Laut melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Panjang – Bandar Lampung menggelar Puncak Peringatan Bulan K3 ke -50 Tahun 2020 secara nasional di halaman Kantor KSOP Panjang,Selasa (11/2/2020). 

Penyelenggaraan Peringatan Bulan K3 Tahun 2020 oleh Kantor KSOP Kelas I Panjang, sebelumnya telah dilaksanakan upacara bersama stake holder (insan maritim) dan Pemerintah Provinsi Bandar Lampung di Dermaga B IPC/PT.Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang pada Pukul 08.30 – 10.00 WIB. Selasa (11/2/2020).

Kepala KSOP Kelas I Pelabuhan Panjang Andi Hartono dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya dan terimakasih kepada seluruh pihak dan instansi maritim yang telah berupaya mendukung kegiatan penutupan atau syukuran, rangkaian puncak peringatan bulan K3 ke-50 Tahun 2020 hari ini telah terlaksana dan berjalan dengan baik.

Andi Hartono mengatakan dengan terlaksananya kegiatan tersebut, tidak terlepas dari rasa kebersamaan dan komitmen seluruh pimpinan instansi maritim terkait dengan K3. Hal ini, sangat luar biasa dan merupakan keinginan dari arus bawah merupakan tanggung jawab instansi yang ada di Pelabuhan Panjang. Diharapkan akan mendukung dan memiliki alat-alat standar K3. 

Lebih jauh, Andi Hartono mengatakan terkait dengan simulasi penanggulangan, masalah tempatnya nanti akan bergantian. Simulasi di Pelabuhan Panjang akan diterapkan rutin dilaksanakan minimal per triwulan, salah satunya seperti PT.Pertamina yang rutin melaksanakan simulasi.


Ditambahkannya, secara pribadi maupun dari rekan – rekan panitia, terimkasih atas semua partisipasi stakeholder. Hal ini, cukup luar biasa dimana sebagai formasi satu – satunya pelabuhan di Indonesia yaitu Pelabuhan Panjang yang melaksanakan Peringatan K3 ke-50 Tahun 2020. 

” Semua ini bisa terlaksana adalah karena adanya rasa kebersamaan seluruh instansi terkait di Pelabuhan Panjang. Kita berharap agar semua institusi yang ada di pelabuhan Panjang agar menghilangkan ego sektoral, mari kita terus bersinergi ,” pungkas Andi Hartono.

Sementara itu, Kabid Lalu Lintas Laut dan Usaha Kepelabuhanan Hot Marojahan Hutapea S.H, M.H selaku Ketua Panitia Peringatan Bulan  Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun Emas tahun 2020 Pelabuhan Panjang saat melaporkan pelaksanaan kegiatan tersebut mengucapkan terimakasih kepada panitia dan seluruh pihak yang telah membantu untuk penyelenggaraan kegiatan perayaan bulan K3 Tahun 2020 ini.

Dijelaskannya ada beberapa kegiatan dalam persiapan peringatan Bulan K3 Tahun Emas pada tahun 2020diantaranya, Lomba Penanggulangan Kebakaran, Lomba Yel – Yel, Workhop System Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), Workshop Mengenai Virus Corona. Workshop System Penanggulangan Minyak dan Pencemaran Bahan Kimia berbahaya di perairan dan pelabuhan.

” Peringatan Bulan K3 Tahun 2020 ini merupakan tahun ke- 50 bagi Bangsa Indonesia untuk berjuang, berperan aktif, dan bekerja secara kolektif dalam mencapai visi K3  Nasional, yaitu Indonesia Berbudaya K3,” ujar Hot Marojahan.  

Menurut Hot Marojahan, tujuan dilaksanakanya kegiatan Peringatan Bulan K3 Tahun 2020 ini adalah untuk meningkatkan kinerja dan peran aktif  serta memupuk kesadaran seluruh karyawan akan pentingnya Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan, sehingga target Zero Accident  di wilayah Kerja Perlabuhan Panjang  dapat terwujud.


Di samping itu juga, katanya pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk mempererat hubungan tali silaturrahmi di antara Pekerja K3 di wIlayah Kerja Pelabuhan Panjang.

” Mari kita berpartisipasi untuk mewujudkan Budaya K3 dalam kegiatan dan aktifitas sehari-hari di Lingkungan Kerja. Semoga ditahun depan Perayaan Bulan K3 bisa kita rayakan lebih meriah,” tutup Hot Marojahan.

Pada kesempatan yang sama, General Manager  IPC/PT.Pelindo II (Persero) Cabang Pelabuhan  Panjang Drajat Sulistyo menyampaikan terimakasih bahwa Pelabuhan Panjang secara nasional telah didapuk sebagai tuan rumah pelaksanaan peringatan K3 ke-50 pada tahun 2020.

Menurut Drajat Sulistyo, bahwa dengan pelaksanaan Peringatan K3 di Pelabuhan Panjang, merupakan kebanggaan tersendiri terhadap IPC Cabang Panjang. Karena hal ini, menunjukkan kedunia luar khusus dunia Internasional bahwa kita sadar tentang arti penting K3 dilingkungan kerja.


” Oleh karenanya, kami sangat konsen sekali terkait K3 maupun issue lingkungan dan hal ini merupakan modal atau energi baru IPC Cabang Panjang tambahan untuk pembenahan Pelabuhan. Sehingga kedepan Pelabuhan Panjang fokus ke operation yang lebih excellent,” jelas Drajat.

Drajat Sulistyo menyampaikan dengan adanya event seperti ini agar dapat terus bersinergi baik dari regulator maupun operator sampai ke perusahaan – perusahaan yang beroperasi di Pelabuhan Panjang.” Kami sangat apresiasi terhadap kepemimpinan Bapak Andi Hartono selaku KSOP Kelas I Panjang,” ujar Drajat.

Selanjutnya, kata Drajat mengharapkan terus dukungan dari KSOP Kelas I Panjang, terhadap Pelabuhan Panjang mengarah dan konsen menaikkan status Pelabuhan Panjang menjadi Hub Regional Sumatera Selatan. Karena lima tahun depan pelabuhan Panjang akan full akan back up Pelabuhan Tanjung Priok.

Tidak sekedar rencana namun hal ini menurut dia sudah ditangkap oleh Kementerian Menko Maritim dan Investasi bahwa Pelabuhan Hub Regional dengan disambungkannya jalan tol menuju Pelabuhan Panjang. Dan ini akan cukup efektif, karena fasilitas pelabuhan sudah memadai secara Internasional. Bahkan akses masuk ke pelabuhan Panjang akan lebih simple.


” Kedepan Pemerintah akan  membangun logistik center dan bukan hanya jargon, benar – benar akan terealisir. Kita akan membuat portal ekspor – impor di Pelabuhan Panjang. Nantinya ekspor – impor melalui pelabuhan Panjang akan kelihatan secara riil time,” katanya.

Selanjutnya, kami juga meminta kepada Bapak Gubernur Bandar Lampung untuk pembukaan keran impor. Karena selama ini impor melalui pelabuhan Panjang ditutup pada barang – barang tertentu.

Diakhir acara puncak Peringatan K3 secara nasional ke-50 pada tahun 2020, Kepala Kantor KSOP Kelas I Panjang Andi Hartono melakukan pemotongan tumpeng pertanda syukuran bahwa seluruh kegiatan telah seselesai dan berjalan dengan lancar.

Panitia membagikan hadiah berupa Trofi dan Piagam Penghargaan kepada instansi maritim dan perusahaan yang ikut peserta dalam perlombaan pelaksanaan Peringatan K3 ke-50 tahun 2020. Acara ditutup dengan ramah tamah dan hiburan musik band dari IPC Cabang Panjang. (Ody-01).