COAST GUARD

925 ORANG PESERTA MUDIK GRATIS KAPAL LAUT DIBERANGKATKAN DARI SORONG

Mimbar Maritim – Sorong

Sebanyak 925 orang peserta mudik gratis angkutan laut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 mulai diberangkatkan malam ini (22/12) pukul 20.15 WIT dari Pelabuhan Sorong, Papua Barat.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Sorong, M. Takwim Masuku pada kesempatan itu melalui keteranga persnya pada awak media bahwa pihaknya melepas para penumpang peserta mudik gratis kapal laut hasil kerjasama KSOP Kelas I Sorong dengan BUMN Kemaritiman (PT. Pelindo IV, PT. Pelni, BKI dan ASDP).

“Program mudik gratis ini merupakan bentuk kepedulian dan pelayanan kepada masyarakat khususnya di masa angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020,” ujar Takwim di Pelabuhan Sorong, Minggu (22/12/2019).

Program Mudik gratis ini menggunakan kapal Perintis yang juga menjadi armada kapal tol laut dengan pelabuhan pangkal Sorong, yang akan dilakukan dalam 2 tahap.

“Tahap pertama pemberangkatan dilakukan malam ini, 22 Desember 2019 tepat pukul 20.15 WIT melalui pelabuhan Sorong dengan menggunakan kapal Perintis KM. Sabuk Nusantara 61 yang dioperasikan oleh PT Luas Line. Jumlah penumpang diberangkatkan pada tahap pertama sebanyak 497 orang dari total yang terdaftar 925 orang,” terang Takwim.

Sementara untuk tahap kedua mudik gratis akan dilaksanakan pada tanggal 24 Desember dengan menggunakan kapal KM Sabuk Nusantara 62.

Pelepasan keberangkatan mudik gratis dilakukan oleh KSOP Kelas I Sorong, M Takwim Masuku beserta ketua tim monitoring Angkutan Natal dan Tahun Baru Kementerian Perhubungan, Baitul Ihwan di pelabuhan Sorong.

“Ini adalah angkutan laut Natal gratis pertama yang diprakarsai oleh KSOP Sorong dan BUMN maritim di kota Sorong. Hal ini merupakan salah satu bentuk kehadiran Pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya di wilaya Papua Barat dan sekitarnya,” ujar Takwim.

Kedepan, kata Takwim, program ini diharapkan dapat terus berlanjut agar masyarakat di Papua juga dapat merasakan damainya Natal dan Tahun Baru dengan adanya program mudik gratis oleh pemerintah cq. Kementerian Perhubungan di tahun-tahun berikutnya.

Informasi, Kementerian Perhubungan cq. Ditjen Perhubungan Laut dimasa angkutan laut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) yang telah dimulai sejak tanggal 18 Desember 2019 s.d. 8 Januari 2020 nanti terus melakukan pemantauan dan pengawasan melalui Posko Nataru di Kantor Pusat maupun di 51 pelabuhan pantau.

Selain itu, pemantauan pelaksanaan angkutan laut Nataru juga dilakukan secara langsung dengan mengirimkan para pejabat kantor pusat ke lapangan agar kondisi dan permasalahan yang terjadi di wilayah pemantauan dapat segera diketahui dan dicarikan solusi secara tepat. (Ody-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s