Taklukkan Samudera Pasifik, KRI REM-331 Tiba di Pearl Harbour – Hawaii

Mimbarmaritim.com (Hawaii)

Setelah menaklukan Samudera Pasifik selama 12 hari pelayarannya untuk mengikuti Latma Multilateral Rim Of The Pacific (Rimpac) 2024, Unsur TNI AL yakni KRI Raden Eddy Martadinata-331 (KRI REM-331) yang dikomandani oleh Kolonel Laut (P) Adam Tjahja S yang juga sebagai Dansatgas Rimpac 2024, akhirnya berlabuh di Pearl Harbor, Hawaii. Rabu (26/6/2024).

Setibanya di Pearl Harbor, KRI REM-331 disambut oleh Atase Laut RI di Washington DC, Kolonel Laut (P) Yano dan Komandan Kapal Perang USS Shiloh Captain Cheatham. Selanjutnya Dansatgas Rimpac 2024 mengajak mengunjungi Kapal Perang kebanggaan Indonesia ini.

Lebih lanjut, KRI REM-331 akan melaksanakan Harbor Phase yang diwarnai beberapa acara seperti National Reception, ajang kesenian serta mengikuti turnamen berbagai cabang olahraga sebelum melaksanakan Sea Phase di Samudera Pasifik bersama puluhan kapal perang berbagai negara di dunia.

Latma RIMPAC 2024 yang diikuti oleh KRI REM-331 merupakan salah satu sarana untuk menguji doktrin, taktik, dan prosedur peperangan laut yang terbaru, khususnya dalam Operasi Laut Gabungan. Selain itu, melalui latihan ini negara peserta latihan dituntut untuk bekerja sama dan mampu membuktikan ketahanan operasional Alutsistanya mengingat Sea Phase dilaksanakan selama tiga minggu non-stop, tanpa sandar di pangkalan.

Pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan implementasi dari Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali dalam mewujudkan Prajurit Jalasena Samudera yang tangguh dalam OMP, OMSP, serta mampu menjalankan peran diplomasi di kancah dunia. (Dispenal/MM).

Tinggalkan komentar