Pelindo Dukung Pelaku Usaha UMKM Naik Kelas

Mimbarmaritim.com (Jakarta)

Sejalan dengan komitmen pemerintah, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) / Pelindo merupakan perusahaan di bawah Kementrian BUMN menyelenggarakan kegiatan Pameran pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka mendukung pelaku UMKM Naik Kelas dan acara ini dimulai dari tanggal 21 sampai dengan 24 Januari 2024 bertempat di PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PMLI) Ciawi, Bogor.

Regional Head 2 Pelindo, Drajat Sulistyo Selasa (23/01/2024) turut hadir dalam acara tersebut mengatakan bahwa “Sebagai bagian dari Perusahaan BUMN, Pelindo Regional 2 memiliki kewajiban melakukan Pembinaan UMKM sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), diantaranya dalam bentuk dukungan pelatihan usaha, sertifikasi produk, peningkatan kapasitas produksi usaha, serta kesempatan berpartisipasi dalam pameran – pameran disela acara perusahaan maupun tingkat nasional.”

Drajat menjelaskan pihaknya mengajak pelaku UMKM untuk berpartisipasi dalam pameran, Pelindo Regional 2 juga konsisten dalam melakukan pembinaan kepada UMKM. Hal itu dibuktikan dengan pelibatan UMKM dalam pelatihan yang diadakan di wilayah Pelindo Regional 2 seperti Pelatihan Kewirausahaan dan Teknis Produksi UMKM yang dilaksanakan di berbagai cabang Pelindo Regional 2 serta sertifikasi halal bagi para pelaku UMKM.

” Saat ini, tercatat sebanyak 2.547 UMKM yang tersebar di berbagai sektor telah menjadi binaan Pelindo Regional 2. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini menjadi salah satu kesempatan UMKM untuk memasarkan produk yang akan berpengaruh kepada penjualan dan peningkatan omset UMKM sebagai salah satu persyaratan UMKM Naik Kelas,” pungkas Drajat.

Han Sen salah satu pemilik brand hansee.id pelaku UMKM Binaan Pelindo Regional 2 mendapatkan kesempatan ikut serta dalam Pameran Pelindo Forum. “Dengan adanya kegiatan ini saya merasa senang sudah diajak dalam pameran ini, sehingga mendapatkan peluang untuk meningkatkan penjualan dan promosi UMKM,” ungkap Han Sen.

Ia mengatakan bahwa usaha Hansee.id merupakan usaha keluarga yang membangun bisnis produksi sepatu kulit setelah 25 tahun, yang memproduksi sepatu berbagai model baik casual maupun model kekinian. “Kami bermimpi menjadi brand sepatu yang memiliki produk berkualitas dan dapat bersaing diberbagai pasar di Indonesia,”ungkapnya.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Pelindo yang telah memberikan saya kesempatan untuk memperluas jaringan, berbagi ide, dan meningkatkan visibilitas dan penjualan melalui program pameran ini,” pungkas Han Sen. (Red-MM).

Tinggalkan komentar