SPMT Berikan Kemudahan Pembayaran Dengan Program Host To Host Auto Collection dan Supply Chain Financing (SCF) di Branch Jamrud Nilam Mirah dan Tanjung Intan

Mimbarmaritim.com (Medan)

PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) sebagai sub holding PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) sosialisasikan program Host to Host Auto Collection dan Supply Chain Financing (SCF) di SPMT Branch Jamrud Nilam Mirah pada tanggal 17 Mei 2023 dan Tanjung Intan tanggal 19 Mei 2023.

Pengguna jasa sambut antusias fasilitas Host to Host Auto Collection dan Supply Chain Financing sebagai solusi bagi pengguna jasa SPMT dalam melakukan pembayaran Nota Penjualan Jasa Kepelabuhanan yang lebih praktis, lebih mudah dan lebih cepat.

SVP Sekretariat Perusahaan Pelindo Multi Terminal Fiona Sari Utami menerangkan, program Host to Host Autocollection dan Supply Chain Financing ini seiring dengan komitmen SPMT untuk meningkatkan inovasi terhadap pelayanan kepada pengguna jasa dan mempermudah pengguna jasa dalam bertransaksi .

“Adapun metode pelunasan nota jasa kepelabuhanan melalui host to host autocollection ini secara mekanisme pembayaran jasa kepelabuhanan dengan pendebetan rekening pengguna jasa yang teregistrasi oleh pihak Perbankan dan melalui proses approval oleh pengguna jasa,” terang Fiona.

Fiona, menjelaskan pengguna jasa cukup mendaftarkan rekening bank nya yang akan digunakan untuk pembayaran jasa kepelabuhanan di PT Pelindo Multi Terminal dengan dokumen yang harus dilengkapi adalah surat kuasa dan pernyataan untuk PT Pelindo Multi Terminal dan diregistrasi oleh Bank agar dapat melakukan pendebetan secara otomatis atas pembayaran jasa kepelabuhan yang telah dilaksanakan oleh PT Pelindo Multi Terminal.

Hadir pada kesempatan tersebut adalah Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Pelindo Multi Terminal Yoni Setiawan beserta jajaran yaitu SVP Pengelolaan Keuangan dan Perpajakan, SVP Komersial dan Hubungan Pelanggan, VP Infrastruktur dan Solusi TI, Branch Manager Jamrud Nilam Mirah, Branch Manager Tanjung Intan serta pihak Bank yang telah bekerjasama dengan PT Pelindo Multi Terminal dalam program fasilitas Host To Host Auto Collection yaitu Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BRI.

Setidaknya sebanyak enam pengguna jasa yang telah menandatangani dan bersedia untuk mengikuti program Host to Host Autocollection pada saat acara sosialisasi berlangsung antara lain, PT BERLIAN HALUAN SAMUDERA, DAISY PERMATA SAMUDERA, DANIEL SAMUDERA ABADI, PT BERLIAN JAYA – MARITIM, PT CAHAYA MITRA MARITIM, dan PT GUJI STEVEDORING.

“Pelaksanaan mekanisme pembayaran secara Host to Host Autocollection akan diberlakukan secara penuh pada PT Pelindo Multi Terminal Cabang Jamrud Nilam Mirah dan Tanjung Intan pada tanggal 1 Juni 2023,” kata Fiona.

Selain program Host To Host Auto Collection, Fiona menambahkan juga disosialisasikannya program Supply Chain Financing (SCF) yang merupakan program pembiayaan oleh bank untuk memberikan fasilitas kepada pengguna jasa SPMT dalam pembayaran nota jasa kepelabuhanan demi mendukung kelancaran program host to host autocollection melalui mekanisme pembiayaan perbankan.

Pelindo Multi Terminal (SPMT) merupakan Sub-Holding PT Pelindo (Persero) yang fokus pada pengelolaan operasional terminal non-petikemas/multipurpose. SPMT dalam kegiatan operasionalnya mengelola 10 Branch yang tersebar di wilayah Sumatera yaitu di Belawan dan Dumai, pulau Jawa seperti Jamrud Nilam Mirah, Tanjung Intan, Tanjung Wangi, di Kalimantan yaitu Bagendang, Bumiharjo, Trisakti dan Balikpapan serta di Pulau Sulawesi berada di Makassar.

SPMT saat ini juga mengelola 3 Anak Perusahaan, yaitu PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP), PT Indonesia Kendaraan Terminal, Tbk. (IPCC) yang merupakan terminal kendaraan terbesar di ASEAN, dan PT Terminal Curah Utama (TCU). Pelindo Multi Terminal telah menerapkan Host To Host Auto Collection di branch Dumai, branch Belawan dan secara bertahap akan diterapkan diseluruh Branch Pelindo Multi Multi Terminal termasuk anak perusahaan.(Red-MM).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s