KSOP Kelas I Banten Laksanakan Kampanye Keselamatan Transportasi Laut dan Bersih Pantai, Peringati Harbubnas 2022

Mimbarmaritim.com – Cilegon

Kementerian Perhubungan Cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banten dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional 2022 ( Harhubnas) melaksanakan kegiatan Kampanye Keselamatan Tranportasi Laut dan Gerakan Bersih Pantai dilingkungan kerja KSOP Kelas I Banten, Selasa (20/9/2022).

Kegiatan kampanye keselamatan transportasi laut dan gerakan bersih pantai dilingkungan kerja KSOP Kelas I Banten dibuka langsung oleh Walikota Cilegon H. Helldy Agustian, S.E, S.H, M.H.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Walikota Cilegon, H. Helldy Agustian, S.E, S.H, M.H, Komandan pangkalan TNI Angkatan Laut, Dirpolair Polda Banten, Kepala Kepolisian Resort Kota Cilegon, Kepala Kejaksaan Negeri Cilegon, Kepala BPTP wilayah VIII Provinsi Banten, Kepala Kantor Beacukai Merak, Kepala Kantor Imigrasi Cilegon, Kepala Kantor Karantina Pertanian Cilegon, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banten, Kepala Dinas Perhubungan Kota Cilegon, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Cilegon, PT Pelindo Regional 2 Banten, Kepala Kantor PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Kepala UPP Labuan, Kepala UPP Karangantu, DPC INSA Banten, DPW ISAA Banten, Gapasdaf, A3PTB, instansi terkait, para pegawai KSOP Kelas I Banten dan TUKS/TERSUS di lingkungan kerja KSOP Kelas I Banten serta stakeholder lainnya.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banten Brigjen (Pol) Capt Hermanta dalam sambutannya menyampaikan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-nya. Sehingga pada pelaksanaan kegiatan kampanye keselamatan transportasi laut dan bersih pantai yang dilaksanakan hari ini, dalam keadaan sehat dan walafiat.

Capt Hermanta menjelaskan penyelenggaraan Hari Perhubungan Nasional Tahun 2022 dilaksanakan berdasarkan Surat Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Nomor . IP.205/1/13/djpl/2022, tanggal 10 agustus 2022 perihal pelaksanaan dalam rangka harhubnas tahun 2022. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 36 tahun 2012 tentang organisasi dan tata kerja kantor kesyahbandaran dan otoritas pelabuhan sebagaimana telah diubah kedua dengan peraturan menteri perhubungan nomor pm 76 tahun 2018. Peringatan Harhubnas 2022 agar melakukan kegiatan kampanye keselamatan transportasi laut dan bersih pantai.

Capt Hermanta mengatakan pelaksanaan kampanye keselamatan transportasi laut dan gerakan bersih pantai dalam rangka hari perhubungan nasional tahun 2022 dilaksanakan secara serentak pada hari ini, Selasa tanggal 20 September 2022, bertempat di pantai Hotel Pelangi, pantai Mabak dan seluruh pelabuhan Umum serta TUKS di wilayah Kerja KSOP Kelas I Banten.

“Kita sebagai masyarakat Maritim khusus di wilayah Banten harus menyadari pentingnya kebersihan pantai diwilayah kerja yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari kegiatan kita sehari-hari. Kampanye keselamatan transportasi laut dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran akan keselamatan transportasi laut khususnya bagi para masyarakat nelayan dan kapal mooring yang sehari – hari melakukan kegiatan di perairan Banten,” terangnya.

Capt Hermanta menyebutkan kegiatan ini yang tersebut terdiri dari empat rangkaian kegiatan yakni kampanye keselamatan transportasi laut dengan pembagian 300 buah alat keselamatan berupa life jacket kepada masyarakat nelayan dan kapal mooring.

Gerakan bersih pantai merupakan gerakan bersama masyarakat Maritim Banten yang dilaksanakan di pantai Mabak dengan gerakan bersih pantai di lingkungan pelabuhan Umum dan terminal untuk kepentingan sendiri (TUKS) yang secara serentak diikuti oleh 59 TUKS dan 4 Badan Usaha Pelabuhan ( BUP) diwilayah kerja KSOP Kelas I Banten.

Selain itu, katanya, melakukan Fogging di areal lokasi kegiatan gerakan bersih pantai yang dilaksanakan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banten dan kegiatan kemanusiaan donor darah yang akan dilaksanakan pada Rabu tanggal 21 September 2022.

” Kami atas nama penyelenggara mengucapkan terima kasih, kepada para peserta kegiatan ini serta perhargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu yang mendukung terselenggaraanya pelaksanaan kegiatan ini,”ungkapnya.

Lebih lanjut, Capt Hermanta menyatakan peringatan hari Perhubungan tahun ini merupakan momentum bagi kita insan Maritim untuk bersama-sama bangkit lebih kuat dan maju lebih cepat dengan terus meningkatkan pelayanan, profesionalisme dan kepedulian sosial terhadap masyarakat.

” Mari kita terus meningkatkan kolaborasi dan sinergitas dengan stake holder dan instansi pemerintah serta pemangku kepentingan lainnya.Untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan pentingnya keselamatan pelayaran dan perlindungan Maritim yang menjadi tanggung jawab kita bersama,” tuturnya.

Capt. Hermanta menambahkan melalui kegiatan ini diharapkan akan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat khususnya masyarakat Maritim, masyarakat pesisir Cilegon. “Semoga Alloh SWT Tuhan Yang Maha Esa membalas segala kebaikan dan amal bakti saudara semua,” pungkasnya. (MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s