Jaring Minat Warga Makassar, KRI Teluk Bintuni-520 Laksanakan Openship

Mimbarmaritim.com – Makassar

Sambil menunggu semua kebutuhan logistik terpenuhi, KRI Teluk Bintuni-520 yang saat ini sandar di dermaga Fasharkan TNI AL Makassar melaksanakan kegiatan openship bagi warga Makassar, Sabtu (23/4/2022).

Kegiatan yang digagas oleh Komandan KRI Teluk Bintuni-520 Letkol Laut (P) Agung Ariwibowo ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada warga Makassar dan sekitarnya untuk melihat dari dekat alutsista TNI AL yang mempunyai kemampuan untuk angkut personel dan material tempur, khususnya angkut tank TNI AD jenis Leopard.

Lebih lanjut, Letkol Agung panggilan akrab Komandan KRI TBN-520 menyampaikan openship juga bertujuan untuk menjaring minat putra-putri daerah untuk bergabung dan mengabdi kepada pertiwi melalui TNI AL.

Hal tersebut cukup relevan mengingat saat ini TNI AL telah membuka Satuan Pendidikan TNI AL di kota Makassar yaitu Satuan Pendidikan 2, dimana Satuan Pendidikan ini difokuskan untuk mendidik calon prajurit TNI AL yang merupakan putra daerah yang nantinya akan ditempatkan di Pos-pos TNI AL atau Pangkalan Angkatan Laut di daerah Makassar dan sekitarnya.

Hal tersebut terungkap dari penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono pada saat Rapat Koordinasi bidang Personel tahun 2022 yang diselenggarakan di Lanal Malang, Malang, Jawa Timur.

Bahwa pada Satuan Pendidikan 1 di Tanjung Uban, Satuan Pendidikan 2 di Makassar dan Satuan Pendidikan 3 di Sorong diselenggarakan untuk menempatkan prajurit TNI AL di Posal dan Lanal sesuai domisili awal personel sebelum bergabung menjadi prajurit TNI AL.

Beberapa hari sebelum KRI Teluk Bintuni-520 melaksanakan operasi dukungan angkutan militer pergeseran pasukan Satgas Pengamanan Perbatasan RI-PNG di Papua.

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Erwin S. Aldedharma telah menyampaikan instruksinya kepada Komandan KRI untuk dapat memanfaatkan waktu yang ada baik saat lintas laut maupun saat sandar dengan menyelenggarakan kegiatan – kegiatan yang bertujuan untuk pembinaan personel menjadi prajurit yang unggul dan profesional.

Khususnya pada saat sandar, Panglima Kolinlamil meminta kepada para prajurit KRI agar dapat berinteraksi langsung dengan warga masyarakat setempat dengan menunjukkan kinerja dan komunikasi yang baik sebagai bukti kepercayaan yang telah diberikan oleh rakyat kepada TNI AL dapat dilaksanakan dengan baik dan amanah. (Red-MM).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s