Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Melaksanakan Program Padat Karya Di Pelabuhan

Kepala Bagian Tata Usaha Dra Inayatur Robbany M.Si, M.MTr Sebagai Pelaksana Tugas Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Saat Memberikan Sambutan, Ju’mat (26/2/2021).

Mimbarmaritim.com – Tanjung Priok

Kantor Otoritas Pelabuhan Utama (OP) Tanjung Priok bekerjasama dengan Instansi Pemerintah dan Stakeholders di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok melaksanakan Program Padat Karya di Pelabuhan Tanjung Priok, hari iniJumat (26/2/2021). Kegiatan ini merupakan langkah Pemerintah untuk terus berupaya meningkatkan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat di tengah kebijakan tanggap darurat pandemi Covid-19.


Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) yang bertindak sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Dra Inayatur Robbany MSi M.MTr dalam sambutannya menyampaikan program ini merupakan bukti nyata insan pelabuhan dalam memberdayakan warga atau masyarakat sekitar Pelabuhan Tanjung Priok.

“Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok bersama dengan instansi pemerintah dan stakeholders di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok berinisasi untuk mewujudkan program padat karya yang melibatkan masyarakat tentunya dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Hal ini merupakan bukti nyata insan pelabuhan dalam memberdayakan warga atau masyarakat sekitar Pelabuhan Tan-jung Priok,” tuturnya.

Ia menjelaskan program padat karya tersebut diwujudkan tujuannya untuk membantu perekonomian dan menjaga daya beli masyarakat. Pemerintah melakukan dua cara yang bergerak simultan yakni penyaluran program perlindungan sosial dan mempercepat pelaksanaan Program Padat Karya. Hal ini merupakan langkah Pemerintah yang terus berupaya meningkatkan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat di tengah kebijakan tanggap darurat penanggulangan pamdemi Covid-19.

Lebih lanjut, Inayatur mengungkapkan tentang beberapa tujuan diadakannya program padat karya. Kementerian Perhubungan menjadi salah satu dari beberapa Kementerian yang memiliki program-program yang dikaitkan dengan padat karya. Program Padat Karya di Lingkungan Kementerian Perhubungan merujuk pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor.73 Tahun 2018 Tentang Tata Cara Penyelenggaraan Program Padat Karya di Lingkungan Kementerian Perhubungan.

Inayatur menyebutkan tujuan dari Program Padat Karya yakni untuk mengurangi pengangguran, dan masyarakat miskin, Memupuk rasa kebersamaan, gotong royong, dan partisipasi masyarakat, Meningkatkan kualitas dan kuantitas pemberdayaan masyarakat, Mewujudkan peningkatan akses masyarakat miskin, perempu-an, anak, dan kelompok marginal kepada pelayanan dasar, dengan berbasis pendekatan pem-berdayaan masyarakat, Membangkitkan kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat dan Penciptaan lapangan kerja melalui kegiatan pembangunan secara swakelola dan Padat Karya.

Pada kesempatan itu, Inayatur menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi terhadap pelaksanaan program padat karya tersebut. ” Kami berharap kepada seluruh insan pelabuhan, baik instansi pemerintah maupun stakeholders untuk terus mendukung program pemerintah ini,”ucapnya.

“Kami juga tidak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok dan PT Pelindo II (Persero) Cabang Tanjung Priok atas kerjasamanya dalam penyelenggaraan pro-gram padat karya ini,”tambahnya.

Program padat karya yang dilaksanakan Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok kali ini melibatkan 110 orang masyarakat sekitar Pelabuhan Tanjung Priok. Diantaranya dari Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok sebanyak 50 orang, Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok 10 orang, dan PT Pelindo II (Persero) Cabang Tanjung Priok sebanyak 50 orang.(MM-Ody).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s