MARITIM

Pushidrosal Sosialisasi Disbintal TNI AL Dan Zakat Profesi

Mimbar Maritim – Jakarta

Kepala Sub Dinas Bimbingan Rohani Dinas Pembinaan Mental TNI AL (Kasubdisbimroh Disbintalal) Kolonel Laut (KH) Harun Arrasyid, S.Ag., M.A., M.Tr Hanla memberikan sosialisasi tentang Pembinaan Mental bagi prajurit Pusat Hidrografi dan Osenografi TNI AL (Pushidrosal) dan Zakat Profesi kepada prajurit dan PNS di Long Room Perwira Pushidrosal, Jalan Pantai Kuta V/I, Ancol Timur – Jakarta Utara, Kamis(26/11/2020).

Dalam paparannya, Kasubdisbimroh menjelaskan bahwa visi dan misi dari Disbintalal adalah ingin mewujudkan personel TNI AL khususnya Pushidrosal yang bermartabat. Adapun misinya antara lain membina mental rohani personel melalui pendekatan pengalaman ajaran agama untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, membina mental ideologi personel melalui penanaman nilai-nilai luhur Pancasila.

Untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme, membina mental tradisi kejuangan personel TNI Angkatan Laut melalui pengamalan nilai-nilai Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan wajib TNI, Trisila TNI AL dan Panca Prasetya Korpri. Guna membangkitkan semangat juang, militansi dan terakhir Membina mental personel TNI Angkatan Laut melalui bimbingan serta konseling. Untuk mewujudkan kesiapan mental dalam penugasan dan keharmonisan dalam keluarga.

Berdasarkan Per. Pres. No.66 Tahun 2019 Tanggal 28 Oktober 2019 tentang susunan organisasi TNI yang dipertegas dengan Per Kasal No.13 Tahun 2020 Tanggal 8 April 2020 tentang pembentukan organisasi Dinas Pembinaan Mental TNI Angkatan Laut maka Subdisbintal Ditwatpersal (Dinas Perawatan Personel TNI Angkatan laut) di validasi menjadi Disbintalal dan di kepalai seorang Bintang Satu.

“Pada hari Kamis tanggal 30 Juli 2020 bertempat di Auditorium Yos Sudarso, Denma Mabesal Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. mengukuhkan Kolonel Laut (KH) Drs. Ian Heriyawan sebagai Kadisbintalal pertama berdasarkan Kep. Pang TNI No.588/VII/2020 Tanggal 27 Juli 2020, dan mendapat pangkat Laksamana Pertama TNI sebagai tertuang dalam surat perintah Panglima TNI No. Sprin 1807/VIII/2020 tanggal 31 Agustus 2020,” tambahnya.

Disamping itu katanya, Personel Pushidrosal juga mendapat sosialisasi tentang pengelolaan Zakat Profesi atau penghasilan oleh Kasubdisbimroh, dikatakan bahwa pengertian dari Zakat Profesi itu merupakan mengeluarkan harta penghasilan atau pendapatan bulanan yang diperoleh oleh seseorang dengan nishab 2,5% dari gaji ditambah tunjangan kinerja bruto (minimal penerimaan sebesar Rp. 5.240.000,-).

Dijelaskannya, dari zakat tersebut nanti akan disalurkan kepada yang berhak menerima zakat. Ada delapan golongan penerima zakat diantaranya Fakir yaitu orang yang yang tidak mempunyai tempat tinggal dan tidak pula mempunyai usaha. Miskin yaitu orang yang tidak cukup dengan penghidupannya dengan pendapatannya sehingga ia selalu dalam keadaan kekurangan. Amil yaitu orang yang mengurus dan pengumpul zakat untuk dibagikan kepada orang yang membutuhkan.

Selain itu, Mu’alaf yaitu orang yang baru masuk islam yang masih lemah imannya, Riqob yaitu hamba sayaha atau budak belian, Gharim adalah orang yang berhutang tidak ada kesanggupan untuk membayarnya, Fisabilillah adalah orang yang berjuang di jalan Tuhannya, dan terakhir Ibnu Sabil adalah orang yang kehabisan biaya dalam perjalanan,”pungkasnya.(Ody-01).

Kategori:MARITIM, TNI AL, AD, AU

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s