MARITIM

Ditengah Tugas Operasi Angkutan Laut Militer 2 KRI Kolinlamil Berlatih Bersama

Mimbat Maritim – Jakarta

Dua unsur KRI kelas Landing Ship Tank dari Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) melaksanakan latihan saat lintas laut menuju daerah medan tugas mendukung batalion TNI AD yang tergabung dalam satuan tugas pengamanan perbatasan.

Dua unsur ini adalah KRI Teluk Lampung 540 dengan komandan Letkol Laut ( P) Edi Herdiana dan KRI Teluk Bintuni 520 dengan komandan Letkol laut ( P) Andrik Irwanto. Dua kapal beda usia ini berpapasan dalam menjalankan tugas negara.

Kegiatan ini meneruskan arahan Panglima Kolinlamil Laksda TNI Abdul Rasyid K, S.E., M.M. agar unsur KRI tetap melaksanakan pembinaan profesionalisme saat lintas laut dalam rangka mendukung angkutan laut militer. Maka dari inilah KRI Teluk Lampung 540 dan KRI Teluk Bintuni 520 melaksanakan latihan bersama.

Panglima Kolinlamil memerintahkan kepada kedua Komandan KRI, agar dalam melaksanakan kegiatan operasi selalu memperhatikan keamanan dan keselamatan personel serta material, baik prajurit KRI maupun Pasukan yang diangkut, serta melaksanakan pembinaan kemampuan selama linla menuju daerah operasi.

“Unsur KRI Kolinlamil, tingginya frekuensi operasi tetap menjadikan kita untuk pelihara profesionalisme sebagai prajurit matra laut, dengan melaksanakan latihan sesuai profesi dan pembinaan kemampuan selama pelayaran menuju daerah operasi,” tandas Panglima Kolinlamil.

Hal tersebut juga merupakan penekanan Komandan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya bahwa unsur-unsur operasi harus selalu siap baik personil maupun materiil.
Kedua kapal perang yang berbeda asal pembuatan ini melaksanakan latihan bersama di laut Jawa pada hari ini, Senin (13/7/2020).

Kedua unsur KRI yang berbeda usia ini melaksanakan tugas mendukung Satgas pengamanan perbatasan dan bertemu di laut Jawa. Unsur Satlinlamil Surabaya ini melaksanakan beberapa materi latihan antara lain, flag hoist( latihan isyarat bendera) MBT( mail bag transfer) yaitu latihan pengiriman/surat dilaut, flashex (latihan isyarat lampu) dan publish exercise (latihan pemberitaan).

Kedua pengawak kapal perang ini dengan penuh semangat dalam menjalankan latihan bersama dengan didukung alutsista yang ada, hal inilah yang membuat kedua komandan kelas LST bangga atas semangat dan daya juang dari prajuritnya.

“Kita bangga atas semangat dan daya juang prajurit KRI Teluk Lampung 540 dan KRI Teluk Bintuni 520. Pesan saya tetap semangat jaga kekompakan diantara kita,” kata Komandan KRI Teluk Lampung, Letkol Laut (P) Edi Herdiana disela – sela latihan.

Pernyataan lulusan AAL angkatan 47 ini diamini oleh juniornya lulusan AAL 48 yang menjabat komandan KRI Teluk Bintuni 520. “Dengan alutsista karya anak bangsa, KRI Teluk Bintuni 520 mampu menjawab kepercayaan para pimpinan TNI AL,”tambah komandan KRI Teluk Bintuni 520.(Ody-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s