MARITIM

Satlinlamil Surabaya Ikuti Rekonsiliasi Internal UO TNI AL

Mimbar Maritim – Jakarta

Satya Wira Jala Dharma. Memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi secara virtual, prajurit Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya mengikuti Rekonsiliasi Internal Satker Unit Organisasi (UO) TNI AL dalam rangka penyusunan Laporan Keuangan UO TNI AL semester I melalui video conference (Vicon).

Rekonsiliasi Internal Satker UO yang dilaksanakan secara Vikon tersebut dipimpin langsung Kepala Dinas Keuangan Angkatan Laut (Kadiskual) Laksma TNI Dr. R. Anang D. Kuncoro, S.E., M.M., CFrA, CHRMP.

Dalam Pelaksanaan Rekonsiliasi secara virtual tersebut Kadiskual berada di Mabesal Jakarta sedangkan para peserta Prajurit Satlinlamil Surabaya yang berasal dari satuan pelaksana dibawah Kolinlamil berada di Mako Satlinlamil Surabaya baru – baru ini.

Dalam sambutannya (Kadiskual) Laksma TNI Dr. R. Anang D. Kuncoro, S.E., M.M., CFrA, CHRMP. Menyampaikan bahwa pelaksanaan Rekonsiliasi dibagi menjadi dua yaitu Rekonsiliasi internal dan rekonsiliasi eksternal. Menuntutnya rekonsiliasi yang akan dilaksanakan saat ini adalah internal terkait dengan realisasi dengan anggaran dan pendapatan belanja negara yang bersumber dari Dipa TA 2020 tujuan agar sinkronisasi data antara badan keuangan, badan perencanaan dan badan Logistik terlaksana secara transparan dan akuntabel.

Lebih lanjut, disampaikan saat ini opini laporan keuangan tahun ini dari badan pemeriksa keuangan belum diterbitkan tapi informasi awal dari kementerian keuangan bahwa opini di kementerian Pertahanan Wajar tanpa pengecualian (WTP).

Dengan prestasi ini patut berbangga bahwa satuan-satuan di Institusi TNI dibawah Kemhan masih bisa mempertahankan WTP selama dua tahun berturut turut. Hal ini berkat kerja keras dalam mewujudkan tata kelola keuangan negara yang transparan dan akuntabel.

“Momen ini haruslah kita pertahankan hingga berlanjut di tahun 2020. Untuk itulah melalui momen rekonsiliasi yang berlangsung saat ini dapat di manfaatkan sebaik mingkin untuk meminimalisir permasalah permasalahan laporan keuangan ditingkat UO TNI Angkatan laut,” Jelas Kadiskual.

Senada dengan Hal tersebut Panglima Kolinlamil Laksda TNI Abdul Rasyid, S.E., M.M. menekankan jajarannya untuk segera merealisasikan rencana program kerja setiap satker untuk melaksanakan penyerapan anggaran agar dapat terjadi sinkronisasi antara badan Perencanaan, keuangan dan logistik.(Ody– Dispen Kolinlamil)

Kategori:MARITIM, TNI AL, AD, AU

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s