MARITIM

KOLINLAMIL SOSIALISASIKAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS DAN MANAJEMEN PENGAWASAN

Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Dwika Tjahja Setiawan, S.H.

Mimbar Maritim – Jakarta

Satya Wira Jala Dharma. Seluruh perwira Komando Lintas Laut Militer mengikuti Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas Kolinlamil menuju WBK/WBBM, yang berlangsung di Gedung Laut Nusantara, Markas Komando Kolinlamil, Tanjung Priok Jakarta Utara, Jum’at (6/3/2020).

Inspektur Kolinlamil Kolonel Laut (S) Arief Muchtarom, S.E, M.Si (Han), CFrA dalam sosialisasi ini memaparkan tugas Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) sebagai salah satu bidang dalam pelaksanaan pembangunan Zone Integritas (ZI).

Irkolinlamil menjelaskan tentang manajemen pengawasan yang dilaksanakan Inspektorat Kolinlamil sebagai penjamin agar penyelenggaraan program kerja dan anggaran dilingkungan Kolinlamil dilaksanakan secara tertib, efisien dan efektif sesuai dengan rencana dan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Inspektur Kolinlamil Kolonel Laut (S) Arief Muchtarom, S.E, M.Si (Han), CFrA

Selain itu, kata Irkolinlamil juga akan mendorong terwujudnya pemerintahan yang baik bersih dan bebas dari penyimpangan serta penyalahgunaan kekuasaan maupun praktik – praktik Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN).

“Karena itu perlu dilakukan peningkatan kapabilitas APIP, untuk menjamin terlaksananya pengendalian internal yang efektif,” pungkas Irkolinlamil.

Kolonel Laut (P) Rakhmawanto, Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Panglima Kolinlamil dalam sosialisasi zona integritas tersebut menyampaikan bahwa pembangunan zona integritas bertujuan untuk mewujudkan wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani.

Asrena Panglima Kolinlamil menjelaskan dalam membangun zona integritas diperlukan satu presepsi dan pemahaman seluruh prajurit dan PNS Kolinlamil dengan berpedoman pada Permen PANRB No. 10 Tahun 2019 tentang Perubahan Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di lingkungan Instansi Pemerintah.

Kolonel Laut (P) Rakhmawanto, Asisten Asrena Panglima Kolinlamil

” Kemudian juga Peraturan Panglima TNI No. 65 Th 2019 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Menuju WBK dan WBBM di lingkungan TNI,” katanya.

Lebih lanjut, Asrena Panglima Kolinlamil mengatakan, pembangunan zona integritas di Kolinlamil meliputi bidang manajemen perubahan, penataan tata laksana, manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik melalui pentahapan, pencanangan ZI, Pembangunan ZI, Pengusulan oleh Tim penilai Internal (TPI) Reviu Tim
Penilai Nasional (TPN) dan Penetapan Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/Wilayah Biokrasi Bersih Melayani (WBBM) apabila memenuhi syarat.

Sementara, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E, M.M dalam sambutannya mengharapkan kotama yang dipimpinnya dapat melewati setiap pentahapan dan diusulkan sebagai Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

“Saya berharap dengan diadakannya kegiatan ini Kolinlamil sebagai salah satu kotama TNI AL yang telah mencanangkan pembangunan Zona Integritas (ZI) dapat memenuhi syarat. Untuk memperoleh predikat Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani bisa terwujud,” tegasnya.

Sebelum mengakhiri kegiatan sosialisasi Asrena Panglima Kolinlamil membuka tanya jawab kepada seluruh peserta yang hadir. Usai sesi tanya jawab kegiatan sosialisasi ditutup dengan foto bersama.
(SumberDispen Kolinlamil)

Kategori:MARITIM, PELABUHAN, TNI AL, AD, AU

Tagged as: